LayarBerita, Lhokseumawe – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar prosesi “Peusijuek” (tepung tawar) Dr. Diah Ayu Hartati Listiyarini Iswara Akhbari, SH, M.Hum yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Utara, menggantikan Pipuk Firman Priyadi, SH, MH.

Acara yang berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara, Selasa (2/3/2021) malam,  dihadiri oleh seluruh Forkompimda, Kapolres Lhokseumawe, Wakil Bupati Aceh Utara, Sekda Aceh, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPK, dan para Kepala Bagian Setdakab Aceh Utara, serta sejumlah pimpinan BUMN, Ormas dan OKP se-Aceh Utara.

Prosesi Peusijuek dilaksanakan oleh fungsionalis Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Utara, Diniyah, S.Pd, diiringi shalawat Nabi Muhammad SAW oleh seluruh udangan yang hadir, dan dilajutkan penyematan kain songket Aceh oleh Ketua TP-PKK Aceh Utara, Hj Cut Ratna Irawati, SE (istri Bupati Aceh Utara).

Mengawali sambutannya, Dr. Diah Ayu Hartati Listiyarini Iswara Akbari, SH, M.Hum, dalam menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Aceh Utara atas prosesi penyambutan dan peusijuek yang dilakukan.

Dr. Diah Ayu Hartati Listiyarini Iswara Akhbari, SH, M.Hum. (Foto: Humas Aceh Utara)

Dalam kesempatan tersebut,  Diah Ayu sempat menyinggung tentang sisi kemanusian dalam penegakan hukum positif di Tanah Air.

Sambungnya, setibanya di Aceh Utara usai serah terima jabatan (Sertijab) di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, ia ‘disambut’ berita viral tentang seorang ibu dan bayi yang sedang menjalani hukuman di Lapas Lhoksukon.

Menurut Diah, dalam aspek penegakan hukum juga mempertimbangkan unsur humanis atau aspek kemanusiaan. Bukan berarti aspek hukumnya diabaikan. “Hukum tetap berjalan, tapi sisi kemanusiaannya juga perlu pertimbangan,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib mengawali sambutannya  mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Dr. Diah Ayu Hartati Listiyarini Iswara Akhbari yang berulanga tahun bertepatan dengan berlangsungnya prosesi Peusijuek.

Dalam kesempatan itu, H. Muhammad Thaib juga meminta dukungan pihak kejaksaan dalam menjalankan roda pemerintahan dan gerak pembangunan di daerah berjuluk Bumi Malikussaleh ini.

Pemerintah Aceh Utara beserta jajaran juga menyampaikan terima kasih kepada Kajari yang lama, Pipuk Firman Priyadi, SH, MH, atas sinergitas yang terbangun selama bertugas di Aceh Utara, ucap H. Muhammad Thaib.

Prosesi Peusijuek di akhiri dengan sesi foto bersama dengan para undagan. (BIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *