LayarBerita.com  –  Melakukan wisata atau berkunjung ke daerah lain tentang membuat kesenangan tersendiri bagi kita semua.  Terkadang perjalanan wisata membuat kita lebih fresh dari semua kepenatan yang ada.  Namun terkadang niat wisata atau pelesiran terkendala oleh faktor keuangan.

Nah…soal bagaimana melakukan perjalanan murah meriah, tanyakan saja kepada Matthew Kepnes (34). Dia adalah pakar berwisata secara gratis. Dan keahlian itu ia tunjukkan lagi baru-baru ini, dengan terbang dari New York ke Melbourne yang berjarak 18.500 kilometer tanpa mengeluarkan uang sepeserpun dan…di kelas bisnis!

Kepnes adalah seorang penulis perjalanan yang mengelola blog Nomadic Matt, yang khusus menulis tentang perjalanan dan tips menghemat uang. Dia juga menemukan solusi untuk melakukan bebeapa perjalanan gratis dalam setahun, dan telah membagi metodenya kepada wisatawan lain. Dengan mengikuti sarannya, setiap orang atau pasangan dapat memperoleh penerbangan dan hotel gratis.

Matt mulai bepergian sejak Juli 2006, ketika ia melakukan tur dunia selama 18 bulan sambil melakukan beberapa pekerjaan sambilan untuk mendapatkan uang tambahan. Saat ia  kembali ke AS ia memulai blog yang sekarang menarik lebih dari 800.000 pembaca setiap bulan.

Tak lama kemudian, ia ingin bepergian dan mencari cara untuk meninggalkan AS. Tapi bukannya menunggu uang cukup, ia malah melakukan “travel hacking”. Dia memaparkan dunia ini dibanjiri miles dan, jika Anda tahu beberapa tips penting, trik, dan strategi, Anda bisa bepergian ke mana saja yang anda inginkan.

Melalui penelitiannya selama lebih dari delapan setengah tahun bepergian, Matt menemukan cara terbaik untuk menggunakan program reward, aturan redemption, aliansi penerbangan, bonus kartu kredit, dan promosi untuk medapatkan diskon liburan.  Penerbangan gratis ini akan membawanya dari John F Kennedy Airport di New York, ke Abu Dhabi, kemudian ke Melbourne, dalam kenyamanan kelas bisnis.

Pria dari Boston ini mengungkapkan bagaimana dia berhasil mendapatkan penerbangan kelas bisnisnya kepada Travel MailOnline. “`Setelah absen (tanpa bepergian) enam tahun, saya memutuskan untuk kembali ke Australia dan mengunjungi teman-teman saya dan melakukan perjalanan sekitar negara tersebut,” ujar Kepnes seperti yang dilansir laman Dailymail, Rabu (2/3).

Sejak tarif penerbangan mahal, dia berusaha menemukan cara untuk sampai ke Melbourne tanpa menghabiskan banyak uang dan duduk di kelas bisnis. Ia memanfaatkan poin (miles) dari American Airlines yang telah dikumpulkan selama sekitar enam bulan melalui belanja, belanja online dan bonus pendaftaran kartu kredit. Dan dari penerbangan dengan biaya sebesar 40 dolar atau setara Rp534 ribu ia berhasil mengumpulkan 12.000 poin American Airlines yang dapat ia tukar dengan tiket pesawat sejauh 18.500 kilometer.

Poin yang telah terkumpul dapat ia gunakan pada setiap penerbangan atau mitra yang terbang ke Melbourne. Namun ia menghabiskan 20 menit di telepon untuk memastikan American Airlines mendapatkan kelas bisnis, mereka pun berhasil menemukan rute penerbangan Ettihad, Uni Emirat Arab. “Meskipun terbang melalui LA lebih cepat daripada perjalanan panjang melalui Timur Tengah, namun penukaran kelas bisnis jarang,” lanjutnya.

Kepnes yang telah menulis beberapa buku, salah satunya The Ultimate Guide to Travel Hacking, buku tentang cara menggunakan sistem pengumpulan poin untuk bepergian secara gratis memaparkan bahwa hal-hal yang paling dia nantikan di Melbourne adalah semua kafe, bar anggur, bar unik, taman, dan melihat penguin. Dan dengan menggunakan cara yang sama, ia berencana menukarkan poinnya untuk terbang dari Auckland ke Las Vegas di kelas bisnis dari Air New Zealand untuk perjalanan pulang.

“Ini adalah sebuah maskapai penerbangan yang sangat saya inginkan untuk bepergian,” tambahnya.  [] sumber : ipotnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *