LayarBerita, Beograd, Serbia – Promosi gencar yang dilakukan KBRI Beograd untuk menembus pasar kopi Serbia menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Hal itu ditandai dengan ekspor perdana kopi ke Serbia, Senin (29/8/2022) oleh CV Optima Karya Pitaya, eksportir Indonesia yang turut berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair tanggal 21–27 Mei 2022 di kota Novi Sad, Serbia,

Ekspor ini merupakan langkah awal meningkatkan pangsa pasar kopi di​ Serbia yang masih memiliki peluang besar untuk terus digarap.

Berdasarkan data dari Kantor Statistik Serbia, pada tahun 2021 Serbia mengimpor roasted coffee senilai lebih dari 20 juta dolar AS dan green bean senilai lebih dari 63 juta dolar. Namun, impor kopi Serbia dari Indonesia terbilang masih rendah dan mayoritas melalui negara ketiga.

Oleh sebab itu, promosi kopi di berbagai ajang di Serbia secara terus menerus sangat diperlukan untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia di masyarakat setempat.

KBRI Beograd telah mempromosikan kopi Indonesia di berbagai ajang promosi dagang. Selain berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair tahun ini, KBRI Beograd berkerja sama dengan Kementerian Pertanian RI juga telah menyelenggarakan pameran One Day with Indonesian Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) pada November 2021.

Secara keseluruhan, pameran ini menghasilkan letter of intent dagang senilai 7,3 juta dolar AS dimana kopi merupakan salah satu produk yang banyak menarik perhatian importir setempat.​ (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *