LayarBerita, Siak – Polres Siak melalui Satuan Reserse Narkoba (Sat Narkoba) dan Satuan Binmas melakukan sosialisasi terkait penyalahgunaan narkotika kepada masyarakat.  Hal ini tentunya dilakukan demi mewujudkan Kamtibmas yang aman dan Kondusif. .

Kegiatan sosialisasi yang ditaja secara Focus Group Discusion berlangsung di Aula Kantor Desa Perawang Barat, Senin (1/3/2021) tersebut, dihadiri oleh Kepala Desa Perawang Barat Faizal dan perangkat desa lainnya, serta perwakilan warga Desa Perawang Barat.  Bertindak sebagai narasumber Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani dan Kasat Binmas AKP M. Y .Lubis.

Kegiatan sosialisasi tetap menerapkan protokol kesehatan, yang mana setiap peserta menggunakan masker dan tidak berkerumun dengan membatasi peserta tidak lebih dari 50 orang.

Dalam sambutannya Kasat Binmas Polres Siak AKP M.Y. Lubis mengimbau, agar perangkat desa bersama warga selalu menjaga situasi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat.

Selain itu, M.Y. Lubis juga mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas di luar rumah dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Ditempat yang sama , Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani memaparkan terkait bahaya Narkoba dan kasus-kasus Narkoba yang ditangani Polres Siak mulai dari tahun 2018 hingga tahun 2020.

Sambung Jailani, setiap pelaku kriminal selalu diawali dengan penyalah gunaan Narkoba. “Kebanyakan pelaku Narkoba yang kita amankan memiliki latar belakang pendidikan yang rendah. Sehingga pola pikir dan pemahaman tentang bahaya dari Narkoba itu sangat rendah sekali,” ujarnya.

Namun Jailani tidak menapik kalau pihaknya juga mengamankan pelaku penyalah gunaan Narkoba dari kalangan yang berpendidikan, bahkan pernah mengamankan yang tamatan S2, bebernya.

“Untuk setiap tahunnya, jumlah pelaku Narkoba yang diamankan dan jumlah barang bukti setiap tahunnya mengalami peningkatan.  Maka dari itu kita harus komit untuk memerangi Narkoba ini, agar generasi penerus bangsa bisa terselamatkan dari bahaya Narkoba,” ucapnya.

AKP Jailani mengimbau kepada seluruh perangkat desa dan orang tua, agar mengawasi aktifitas anak di luar rumah. Apabila ada melihat dan mendengar terkait peredaran dan penyalah gunaan Narkoba, dapat segera menghubungi Polisi atau pihak desa, imbaunya.

“Apabila ada salah seorang anggota keluarga kita yang menjadi pecandu Narkoba,  segera laporkan ke pihak kepolisian.  Lebih baik kita ambil langkah untuk direhab sebelum ditangkap,” tambahnya.

Kasat Narkoba juga berpesan agar dapat menghindari  Narkoba, sayangi keluarga jangan lupa bahagia, serta mengajak warga untuk mengisi kegiatan positif disetiap aktifitas, untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *