LayarBerita, Siak –  Sekretaris Daerah  Kabupaten Siak Arfan Usman secara resmi membuka sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan Penyiaran Digital yang ditaja oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau, Rabu (1/12/2021), di Ruang rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Kabupaten Siak,  Komisioner Koordinator bidang PS2P KPID Riau, Warsito, Komisioner Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Riau, H. Asril Darma, Kepala Dinas Kominfo se-Provinsi Riau serta perwakilan mahasiswa Riau dan Kabupaten Siak.

Asisten III Setdakab Siak, H. Jamaluddin menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar adalah sosialisasi Analog Switch Analog Off (ASO) dan Penyiaran Digital serta mengucapkan terimakasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau

“Kegiatan FGD merupakan kegiatan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau, dalam rangka mensosialisasi penyiaran tv dari analog ke digital.  Mutasi penyiaran ini sudah dimulai pada bulan Agustus, yang akan diprioritaskan untuk daerah diperbatasan.  Dengan dilaksanakan acara ini, semoga mempercepat mutasi televisi dari analog ke digital.  Kami mengucapkan terimakasih kepada KPID Riau yang telah mempercayakan kepada Kabupaten Siak sebagai tempat dilaksanakannya acara sosialisasi ini,” ungkap Jamaluddin.

Pada kesempatan tersebut Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KIPD Riau H. Asril Darma menyampaikan terkait dengan mutasi Televisi dari analog ke digital.

“Mutasi Televisi dari Analog ke Digital, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses televisi tanpa melakukan pembayaran seperti yang dialami sekarang, dengan kondisi harus support ke digital. Apabila tidak support, kita memiliki alat-alat, agar nantinya masyarakat bisa mengakses tanpa harus membeli tv kabel atau harus membeli paket seperti sekarang. Mengenai biaya untuk pembuatannya kisaran 200-300an, namun melalui program pemerintah bagi masyarakat miskin yang sudah terdaftar di dinas sosial, itu kita gratiskan,”  ucap Asril Darma.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyampaikan mengenai komitmen Kabupaten Siak dalam mendukung program Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau

“Apa yang menjadi program KPID Riau sudah berjalan dengan baik dan sudah bekerjasama dengan Kabupaten Siak. Kami Pemerintah Kabupaten Siak memiliki komitmen mendukung program-program dari KPID Riau. Pada era maju sekarang,  memang kita dituntut untuk lebih maju lagi mengikuti era digital.  Jadi program mutasi televisi dari analog ke digital merupakan program yang baik bagi masyarakat ke depannya,” ucap Sekda

Sambung  Arfan Usman, mengenai kepedulian Pemerintah Kabupaten Siak serta Siak TV dan Radio Kabupaten Siak, sangat mendukung program mutasi dari lembaga penyiaran Indonesia daerah Riau dan acara sosialisasi tersebut.

“Siak TV dan Radio Kabupaten Siak mendukung program dari KPID Riau.  Namun karena dalam kondisi saat ini, Kabupaten Siak dalam 2 tahun ini program mutasi ini sedikit terhambat.  Tapi Kami yakin ke depannya dengan dukungan KPID Riau dan Pemkab Siak, unyuk mengevaluasi kembali apa program-program yang akan dilakukan. Supaya apa yang menjadi prioritas kita segera terlaksana,” ungkap Sekda Siak. [Infotorial]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.