LayarBerita, Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan Stat Explore 2021. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 28 hingga 29 September 2021 dengan mengangkat tema “Data Science for SDGs : An Innovative Growth of Eco-Sosio-Tech”.

Tahun ini Himasta menghadirkan lima rangkaian acara utama, yaitu seminar internasional, seminar nasional kewirausahaan, lomba desain infografis,Data Science Competition, dan pelatihan softwarePython. Stat Explore 2021 dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC.

Dalam sambutannya Alfiansyah berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa serta menjadi kesempatan untuk terus berkarya dan melakukan hal positif di masa pandemi Covid-19.

Anjas Irawan selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk semakin mendorong rasa ingin berpartisipasi generasi muda terhadap pembangunan bangsa, serta menyadari pentingnya peran data science dalam pertumbuhan ekonomi, sosial, dan teknologi yang inovatif guna mencapai SDGs.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan semua pihak yang telah berpartisipaasi dan mendukung semua rangkaian acara Stat Explore 2021. Meski dilaksanakan secara virtual, panitia berhasil mengumpulkan 2.778 peserta dalam semua rangkaian acara.

Pada 28 September 2021 dilaksanakan kegiatan seminar internasional yang menghadirkan pemateri dari berbagai negara yaitu Prof. Abram L. Wagner, Researh Assistant Professor Department of Epidemiology, University of Michigan, USA. Prof. Hsin-Chou Yang, Research Fellow at Institute of Statistical Science, Academia Sinica, Taiwan, dan Prof. Sebastian Vollmer, Development Economics Professor, University of Gottingen, Germany.

Pada seminar internasional ini peserta mendapatkan ilmu dan berdiskusi dengan pemateri dari tiga benua yang memiliki zona waktu berbeda terkait perkembangan perekonomian dunia dari sisi pendidikan dan kesehatan.

Pada hari yang sama juga berlangsung seminar nasional kewirausahaan yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir Samsul Rizal, M.Eng dengan menghadirkan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A., M.B.A. sebagai keynote speakers serta ketua komite I DPD RI, H. Fachrul Razi, S.I.P., M.I.P dan wakil ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Dr. Anggarawira, MM sebagai pembicara utama.

Seminar ini membahas mengenai peran kewirausahaan dalam memajukan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menambahkan kreatifitas dan inovasi wirausahawan untuk memberikan nilai yang berbeda dengan wirausahawan yang lain, serta memanfaatkan transformasi digital untuk mendorong kewirausahaan lokal berkembang dan bersaing di skala nasional.

Kegiatan pelatihan softwarepython dilaksanakan pada 29 September 2021 yang menghadirkan ketua divisi teknologi informasi Bank Aceh sebagai opening speech. Mendatangkan dua pemateri yaitu Hendra Dharmawan (BPS Provinsi Aceh/Mahasiswa S2 IPB) yang membahas topik “Introduction and Basic Statistical With Python” dan Rumaisa Kruba (Mahasiswa S3 Statistika ITS) yang membahas topik “Machine Learning With Python”.

Acara ini ditutup pada Rabu siang, 29 September 2021 oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, Dr.rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. Dalam penutupan Stat Explore 2021 diumumkan pemenang lomba Data Science Competition, dan lomba desain infografis.

Untuk cabang lomba desain infografis, juara 1 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Negeri Jakarta atas nama Nisriina Nazhiifah dan Andhika Christian, juara 2 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Syiah Kuala atas nama Sadira Sahla dan Aliza Khansa, juara 3 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Sebelas Maret atas nama Ruth Andini dan Zahra Cantiabela, dan juara favorit dimenangkan oleh peserta dariUniversitas Padjadjaran atas nama Adhiyatma Nugraha dan Syifa Auliyah Hasanah.

Sedangkan untuk Data Science Competition, juara 1 diraih oleh peserta dari SMAN 7 Banda Aceh (Saskia Fadisa dan Nazilla Amanda), juara 2 dimenangkan oleh peserta dari SMAN Modal Bangsa Aceh (Raihan Sofia dan Raisa Kamila), juara 3 diraih oleh peserta dari SMAN Unggul Aceh Selatan (Surviva Khairiya Wanda dan Sandrina Nur Amanda). [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *