LayarBerita, Siak – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman menghadiri peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 Tahun 2021.  Peringatan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting, di ruang Bandar Siak Kantor Bupati Siak Lantai II, Senin, (1/3/2021) pagi.

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, langsung dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan diikuti secara langsung sejumlah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia secara virtual.

Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian mengatakan, bahwa kebakaran salah satu tantangan pemerintah daerah. Damkar bertugas bukan hanya untuk memadamkan kebakaran, tetapi juga mengandung misi penyelamatan, meskipun ada badan-badan lain yang melaksanakan.  Namun instansi Damkar yang paling awal terbentuk yaitu pada tahun 1919 dan sudah terlatih well-established (mapan) terhadap tugas-tugas penyelamatan.

“Di luar negeri, pemadam kebakaran diminta untuk membantu masyarakat yang kucingnya naik di atas pohon. Serta banyak tugas lainnya, ini menandakan mereka sangat membutuhkan bantuan Pemadam Kebakaran,” ujarnya.

Ia berharap, kepada kepala daerah untuk memberikan perhatian serius kepada Damkar baik organisasinya, anggaran serta sarana prasaranya, agar ditingkatkan.

“Kalau bisa dibentuk dinas tersendiri.  Saya akan mengeluarkan peraturan untuk itu, kepala daerah harus mendengar aspirasi dari anggota pemadam, lalu apa yang dibutuhkan mereka. Untuk tunjangan, mungkin sarana prasarannya agar mereka dapat bekerja secara maksimal,”urai Mendagri.

Salah satu pasukan terlatih selain Satpol, adaah Pemadam Kebakaran, militansi tinggal bagaimana kepala daerahnya, mau membuat itu atau tidak, mereka satu titik di bawah kepolisian.

Dirinya juga ingin, rekan-rekan Damkar proaktif untuk mencegah terjadinya kebakaran. Ini juga memerlukan dukungan dari kepala daerah. Setiap pembangunan gedung misalnya, kawasan-kawasan perkantoran itu memerlukan langkah pencegahan kebakaran.

“Anggota Pemadam Kebakaran dapat ditugaskan studi kelayakan sebuah bangunan. Apakah konsep yang dibuat pengembang, gedung, mall dan ruang publik lainnya. Hal ini untuk memenuhi kriteria untuk mencegah dan memitigasi  bila terjadinya kebakaran. Sebelum ada studi kelayakan dari Pemadam, maka profosal dari penggembang, sebaiknya dipertimbangkan, jangan sampai sudah terjadi kebakaran kemudian kelabakan karena airnya tidak ada, jaringan listriknya berantakan,” terangnya.

Tito juga berpesan kepada jajaran pemadam kebakaran jangan hanya fokus pada masalah kebakaran saja. Namun juga mengembangkan kemampuan penyelamatan, karena nomenklaturnya Pemadam Kebakaran dan Keselamatan.

“Di luar negeri jajaran Damkar tidak bertugas urusan api saja, tapi juga memberikan bantuan untuk penyelamat, misalnya jika terjadi bencana alam, gempa bumi dan logsor, mereka bersinergi dengan badan-badan lain,” tutupnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada anggota Damkar yang hadir secara virtual yang mengangkat tema peringatan HUT Pemadam Kebakaran tahun ini, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional Mandiri dan Layani dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sekretaris Daerah Arfan Usman mengucapkan  selamat HUT Pemadam Kebakaran yang ke-102, semoga jajaran Damkar semakin tangguh dalam melaksanakan tugas di manapun saja.

“Hari ini kita mengikuti upacara, memperingati hari ulang tahun Damkar secara virtual. Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak mengucapkan selamat HUT Damkar yang ke 102 tahun,” ucapnya.

Lanjutnya, ada beberapa intruksi yang disampaikan Menteri Dalam Negeri diantaranya, membentuk dinas sendiri, dan dukungan anggaran serta komitmen kepala daerah terhadap lembaga Damkar.

“Dukungan berupa anggaran dan peralatan sudah kita lakukan, namun ke depan tetap kita dukung anggarannya. Berkaitan dengan usulan menjadi dinas sendiri sesuai intruksi Mendagri akan kita sampaikan kepada Bupati,” jelasnya.

Pelaksanaan HUT Damkar yang jatuh pada setiap 1 Maret saat ini, diperingati di musim pandemi Covid 19, dan musim kering di Riau. “Semoga dengan peringatan HUT Damkar bertambah semangat, terutama para anggota Damkar yang berada di lapangan berjuang memadamkan kobaran api,” tutupnya. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *