[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak – Salah satu program Pemerintah Kabupaten Siak dalam rangka membangun jembatan hati adalah Safari Jumat.  Selain itu program ini juga dimaksud untuk meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah dengan warganya. Serta untuk membangun hubungan erat antara para ulama dengan umara (pemerintah).

Jika hubungan ini sudah terbangun dengan baik, Safari Jumat dapat dijadikan sebagai forum menyerap dan menampung aspirasi dari masyarakat terkait sejumlah permasalahan dan kebutuhan pembangunan. Khususnya di tingkat kecamatan dan kelurahan, baik di bidang infrastruktur, kesehatanan maupun  administasi. Sekaligus sebagai sebagai wadah bagi Pemerintah Kabupaten Siak untuk mensosialisasikan kebijakan yang dicanangkan.

Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Safari Jumat hari ini, (31/7/2020), Bupati Siak H.Alfedri memanfaatkannya untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan kebijakan-kebijakan kekinian Pemerintah Kabupaten Siak kepada masyarakat. Khususnya masyarakat Jambai Makmur, Kecamatan Kandis.

“Dalam perayaan Idul Adha kali ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Kita melaksanakan Shalat Jumat kali ini bersamaan dengan hari Raya Idul Adha, serta masih dalam suasana pandemi covid-19.  Untuk itu, Saya mengajak masyarakat Jambai Makmur untuk istiqamah dalam menjalankan ibadah, sekaligus mentaati protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari,” ucapnya.

Bupati Alfedri juga mengatakan bahwa optimalisasi disiplin protokol kesehatan sangat mendesak (urgen), untuk segera diberlakukan, mengingat penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak masih sangat mengkhawatirkan.

Menurutnya, lapis pertahanan nirmiliter dalam bentuk kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah langkah terbaik dalam memerangi penyebaran virus corona (covid-19).

“Saya mengajak Camat, Lurah beserta perangkat Kampung Jambai Makmur untuk bersama-sama masyarakat mengoptimalkan disiplin protokol kesehatan dengan menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Inilah lapis pertahanan nirmiliter yang saya harapkan dari seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan cara inilah kita insyaAllah akan mampu mengalahkan covid-19,” tegasnya.

Dalam kesempatan berikutnya, H.Alfedri menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Jambai Makmur yang tetap semangat berqurban di tengah pandemi.

“Tadi saya lihat, cukup banyak sapi dan kambing qurban, saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Jambai Makmur, yang tetap semangat berqurban di tengah pandemi covid-19 ini. Saya juga melihat panitia dan masyarakat memakai masker dan berupaya menjaga jarak ketika proses penyembelihan qurban. Saya sangat berharap hal ini terus di tingkatkan,” harapnya.

Usai Safari Shalat Jumat, Alfedri didampingi Asisten I Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono, Camat Kandis Tengku Said Irwan, beserta rombongan kemudian menuju lokasi pembangunan Masjid Al-ikhlas.

Menurut Alfedri, Masjid Al-Ikhlas tersebut dibangun melalui alokasi dana desa dan swadaya masyarakat dalam bentuk infak pembangunan masjid.

“Pembangunan Masjid Al-Ikhlas ini bersumber dari swadaya masyarakat dalam bentuk infak pembangunan masjid.  Kemudian melalui dana desa, sehingga saat ini sudah 65 persen terbangun.  Tentunya pembangunan Masjid Al-Ikhlas ini akan terus berlanjut, guna mendukung terwujudnya misi religius Kabupaten Siak,” paparnya. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *