Foto - News - Photos - 4 hari lalu

Berita Foto : Pengungsi Rohingya Ditampung di Gedung Bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe

LayarBerita, Lhokseumawe – Setelah sempat ditolak oleh pemerintah daerah,  sekitar 100 Imigran Rohingya yang kemudian ditarik paksa oleh warga setempat ke pinggir Pantai Desa Lancok pada 25 Juni 2020.  Kini para imigran ditempatkan sementara di bekas Kantor Imigrasi di Puenteut, Kota Lhokseumawe.

Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad, mengatakan, atas dasar kemanusiaan kita akan beri pertolongan dengan layak. Namun untuk pemindahan lokasi penempatan etnis Rohingya yang terdampar bebera hari lalu akan dirundingkan lagi dalam rapat koordinasi mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih menghantui masyarakat.

 

 

“Seperti yang kita tahu ini mereka adalah tamu yang tidak kita undang. Namun siapapun mereka, jika kondisinya seperti ini, dalam  keadaan terombang-ambing di lautan, harus kita bantu terlebih dahulu.  Rencananya, Senin nanti kita akan duduk rapat lagi untuk memutuskan penanganan warga Rohingya yang akan diambil alih oleh Pemko Lhokseumawe. Karena ini kondisi sedang COVID-19, dan untuk anggaran kita harapkan tidak ada kendala dalam penanganan ini,” ucapnya, Sabtu (27/6/2020).

 

 

 

Menurutnya, berbagai elemen masyarakat turut antusias dalam memberikan bantuan kepada Etnis Rohingya yang terdampar di perairan Aceh, seperti logistik beras, susu dan makanan pokok lainnya sudah terpenuhi.

Namun untuk saat ini gedung bekas Kantor Imigrasi tersebut tidak layak huni dengan tidak adanya air bersih dan kamar mandi, untuk sementara akan dipasok air dengan mobil dan segera dibuatkan dapur umum. [Teks dan Foto/Reza]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *