[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak – Optimalkan peran Pramuka dalam membangun destinasi wisata baru, Kwarran 03 Minas menggelar aksi penghijauan. Hal ini untuk mengawali pembangunan Bumi Perkemahan (Bumper) di Tepian Telago Batin Bungsu Minas.

Bupati Alfedri sebagai Kamabicab 09 Siak, Jumat (25/9/2020) ikut melaksanakan kegiatan penghijauan dan penanaman tanaman buah di lahan Bumi Perkemahan  Kwarran 03 Minas.

Bupati Siak ini juga sekaligus memberi nama Bumi Perkemahan Telago Batin Bungsu Kwarran 03 Minas, dalam upaya memaksimalkan peran Pramuka dalam pembangunan destinasi wisata baru di tempat tersebut.

Rangkaian kegiatan penghijauan sekaligus pemberian nama bumi perkemahan ini sebagai langkah awal pembangunan Bumi Perkemahan Telago Batin Bungsu Kwarran 03 Minas.  Dimana sesuai namanya, Bumper ini dibangun di atas bukit yang berada tepat di tepi utara Telago Batin Bungsu Kecamatan Minas.

“Rangkaian kegiatan kita saat ini, di bawah guyuran hujan rahmat.  Ini adalah langkah awal kita bersama dalam upaya membangun Bumi Perkemahan yang asri di tepian Danau Telago Batin Bungsu. Seperti kita lihat dikelilingi hutan yang masih alami ini, kita harapkan nantinya menjadi destinasi wisata alam baru.  Artinya selain sebagai tempat berkemah adik-adik Pramuka, juga berfungsi sebagai sumber inspirasi, nilai estetika dan etika,” terang Bupati Siak yang juga Ka Kwarcab 09 Siak tersebut.

Menurut Alfedri, destinasi wisata baru di Bumi Perkemahan Telago Batin Bungsu, nantinya akan di bangun aula yang dapat difungsikan untuk kegiatan-kegiatan Pramuka, Outing, gathering perusahaan, outbound serta kegiatan orientasi kampus.

Alfedri dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar masyarakat,  terutama keluarga besar Pramuka Kwarran 03 Minas untuk selalu menjaga kelestarian hutan. Yakni dengan kegiatan menanam pohon, serta pemanfaatan danau bagi pusat perekonomian baru di Kecamatan Minas.

“Saya harap selalu dijaga dan dirawat kawasan Bumi Perkemahan ini, baik kelestarian hutan dengan melakukan penanaman pohon, maupun pemanfaatan Danau Telago Batin Bungsu ini sebagai tempat wisata baru.  Dimana nantinya kita harapkan dapat menjadi pusat perekonomian baru, terutama bagi warga masyarakat Kecamatan Minas ini,: pungkasnya.

Sebelumnya saat membuka kegiatan, Kamabiran 03 Minas Hadi Hendra, yang juga selaku Camat Minas dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan Bumi Perkemahan tersebut sangat tepat di tepi Danau Telago Batin Bungsu, hal ini menurutnya dapat semakin memikat dan menambah daya tarik wisatawan.

“Kita mempunyai Telago Batin Bungsu yang sangat asri. Insha Allah akan kita jadikan objek wisata baru, dimana bapak Bupati Siak juga Alhamdulillah telah menyetujui dan sangat mendukung pembangunan Bumi Perkemahan ini. Tentunya ini akan menjadi sarana pendukung yang akan memikat wisatawan untuk datang berwisata. Tentunya juga sebagai tempat berkemah yang aman, nyaman dan inspiratif bagi adik-adik Pramuka,“ ungkapnya.

Kamabiran 03 Minas selanjutnya berharap, agar Pramuka Kwarran 03 Minas berperan aktif dalam program pembangunan obyek wisata danau tersebut.

“Kami menginginkan nantinya Pramuka di Kwarran 03 Minas mempunyai andil dalam objek wisata Danau Telago Batin Bungsu ini. Dahulunya di hutan ini adalah lokasi pembalakan liar. Maka kita buat tempat wisata ini bekerjasama juga dengan pencinta alam yang akan bersama-sama menjaga keasrian alam ini,” harapnya.

Selanjutnya, dilaksanakan penanaman 309 pohon buah sumbangan dari Kamabigus se-Kwarran 03 Minas, diantaranya buah matoa, buah mangga dan buah durian, serta belimbing yang ditanam di sekitar Bumi Perkemahan Telago Batin Bungsu Kwarran 03 Minas tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh utusan Kwartir Cabang 09 Siak Mahadar, Ketua Kwarran 03 Minas Muhtasar, Ketua Gugus Depan se–Kawarran 03 Minas,  pembina  se-Kwarran 03 Minas, Kamabigus se-Kwarran 03 Minas , dan Korwilcam Minas Asmuni Samsir, Komunitas Manusia Pencinta Alam, IPK serta Organisasi lainnya.

Jumlah peserta tetap dibatasi sebanyak 100 Orang, dan dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat, yaitu peserta wajib memakai masker, cuci tangan di tempat yang Telah disediakan serta menjaga jarak. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *