[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, didampingi Bupati Siak Alfedri melakukan pencanangan Gerakan Jaga Kampung, di Kampung Sekemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Jumat (26/6/2020).  Pencanangan tersebut bertepatan dengan kunjungan kerja Kapolda Riau dlam bhakti sosial dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020.

Bupati Siak Alfedri memberikan apresiasi serta mendukung program Kapolri dengan adanya kegiatan bhakti sosial serentak yang digelar di wilayah Kabupaten Siak, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Kapolda Riau yang telah menunjuk Kabupaten Siak sebagai tempat kegiatan Baksos serentak dan Pencanangan Gerakan Jaga Kampung,” ungkap Alfedri di Kampung Sekemang, Jumat sore, (26/10/2020).

Terkait pencanangan Gerakan Jaga Kampung yang ditaja Polda Riau, kata Bupati Siak, punya dampak dapat memberikan perubahan dan pertumbuhan di bidang sektor pangan bagi masyarakat di Kabupaten Siak yang mayoritas petani.

“Gerakan Jaga Kampung ini, merupakan gerakan dari nilai-nilai luhur, sembari memberikan upaya membangun ketahanan di sektor pangan,” jelas Alfedri.

Tujuan Jaga kampung, lanjut Alfedri adalah mendukung masyarakatnya sehat, pangannya cukup. Sehingga mampu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Namun tentu kita memiliki cadangan pangan yang cukup, dalam rangka ketahanan pangan. Oleh sebab itu upaya yang dilakukan pak Kapolda beserta jajaran Jaga Kampung, sejalan dengan program ketahanan pangan yang dilakukan Pemkab Siak,” terang pimpinan Negeri Istana ini.

Menurut Bupati Siak, jika masyarakat produktif dan memanfaatkan lahan tidur, tentu pangan akan tercukupi. Sehingga masyarakat tidak akan mengalami keterpurakan ekonomi dan bisa bertahan dari dampak wabah covid 19,” ujarnya.

Alfedri juga menjelaskan, bahwa Kabupaten Siak termasuk daerah lumbung pangan di Provinsi Riau.  Ada seluas 4.400 hektar lahan persawahan yang berada di empat kecamatan di kabupaten Siak, ini salah satu sentra produksi padi di Provinsi Riau.

“Kita mendorong masyarakat untuk menanam palawija dan holtikultura, termasuk menanam semangka, jagung, kedelai dan cabe.  Juga lahan yang akan dilakukan penanaman perdana hari ini, merupakan kerjasama petani, jajaran polres dan TNI. Lahan yang akan ditanam ini luasnya 5 hektar, kita hadir bersama pak Kapolda dan Ketua DPRD untuk menanam. Harapannya masyarakat lebih produktif berkebun. Langkah ini upaya kita untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid 19,” tutupnya.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tiga pilar utama pelopor gerakan Jaga kampung, yakni Pemerintahan Kampung Sengkemang, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kampung Sengkemang.  Sebab telah melakukan inovasi-inovasi baru bagi masyarakat Kampung Sengkemang dalam menghadapi wabah covid-19.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tiga pilar utama Kampung Sengkemang. Beliau beliau inilah yang telah melakukan inovasi di masa pandemi, yaitu memberdayakan masyarakat Kampung Sengkemang dengan bercocok tanam holtikultura. Kita berharap nantinya ketahanan pangan Kampung Sengkemang dapat lebih meningkat,” papar Kapolda.

Disamping itu, Kapolda juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kedisiplinan warga masyarakat Kampung Sengkemang yang telah menerapkan protokol kesehatan dan sosial distancing dengan baik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Kampung Sengkemang yang telah menerapkan pola hidup sehat. Saya berharap agar dengan masyarakat menjaga pola hidup sehat serta membudidayakan tanaman holtikultura, maka masyarakat tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan pokoknya,” terangnya.

Sambung Kapolda Riau, masyarakat tingkat kampung/desa merupakan ujung tombak pelaksanaan kebijakan. Memberdayakan masyarakat kampung dengan meningkatkan ketahanan pangan serta pola hidup sehat adalah langkah kebijakan yang tepat, guna mewujudkan kampung tangguh covid -19, yang pada gilirannya akan mampu memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Riau memberikan bantuan bibit bebek petelur sebanyak 200 ekor dan bibit belut untuk kelompok tani Maju Bersama. Kemudian Kapolda Riau beserta rombongan melakukan penanaman perdana bibit holtikultural di lahan kelompok Tani Maju Bersama binaan PT. Kimia Tirta Utama (KTU) Astra.

Sekira pukul 16.30 Wib Kapolda Riau beserta rombongan melakukan peninjauan di Pos Kamling dan Posko Covid-19 Kampung Sengkemang. Lalu dilanjutkan peninjauan terhadap salah satu rumah warga yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yakni rumah Abu Hanifah di desa tersebut. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *