Peristiwa - 25 Mei, 2020

Sambaran Petir Sebabkan 5 Rumah Warga Leubok Pusaka Ludes Terbakar

LayarBerita, Aceh Utara –  Lima rumah berkontruksi kayu warga di Dusun Bidari, Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara dikabarkan ludes dilalap si jago merah, sekira pukul 20.00 Wib, Senin (25/5/2020).  Musibah kebakaran di hari kedua lebaran Idulfitri ini diduga berasal dari sambaran petir yang menghantam sebuah rumah.

Informasi yang diterima dari Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, membenarkan musibah kebakaran yang diterima langsung dari pos piket Rescue Landing. Sekitar pukul 19.58 Wib 2 mobil Damkar langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Menurut Amir Hamzah, musibah itu diketahui awalnya dari Alimat mantan Geuchik (kepala desa) Leubok Pusaka, dimana diduga sumber api berasal dari sebuah rumah warga yang disambar petir.  Dampaknya terjadi kebakaran dan merambat empat rumah warga lainnya.

Informasi lainnya, menurut pengakuan warga kepada Tuha Peut Syaiful Anshori dan kepala desa Leubok Pusaka, Sulaiman, api berasal akibat sambaran petir yang mengenai instalasi listrik di samping rumah Tgk. Umar yang merupakan Imam Desa tersebut.

“Sejauh ini petugas masih melakukan pendataan dan api sudah berhasil dipadamkan.  Dampak dari kebakaran, semua harta benda korban diperkirakan ludes terbakar. Hingga saat ini, belum kami terima adanya korban jiwa. Terkait sumber api masih dalam penyelidikan dan kerugian masih dalam pendataan pihak berwenang,” terang Amir Hamzah.

Adapun nama korban yang rumah ludes terbakar adalah, milik Tgk. Umar (55), Syahputra (31), Hamdan (40), Abdul Wahab (53), Hj. Basyariah (75). [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *