LayarBerita, Siak – Bupati Siak Alfedri melakukan panen raya padi di Kampung Laksamana  Kecamatan Sabak Auh, Jumat 24 Juli 2020.   Pada kesempatan itu, Alfedri menyerahkan bantuan benih padi, herbisida dan pupuk NPK. Selain itu juga penyerahan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan untuk Almarhum Wiji.

“Hari ini kami bersama masyarakat bisa melakukan panen padi di Kampung Laksamana. Alhamdulillah hasilnya sangat menguntungkan, bisa mencapai 6 hingga 8 ton per hektar. Sehingga bisa mendapat sampai Rp 27 juta sekali panen,” ujar Alfedri saat ditemui usai acara.

Alfedri mengapresiasi masyarakat Kampung Laksamana yang mau mengalih fungsikan lahan sawitnya kembali pada tanaman padi, seluas 7 hektar. Karena kata dia, hasil budidaya padi jauh lebih banyak dari pada menanam sawit.

Lebih lanjut Pemimpin Siak ini menuturkan, Pemkab Siak tetap komit untuk menata dan mengelola persawahan yang baik dengan mendorong sistem pengairan.

“Disini kita sudah bangun pompanisasi, dan pipanisasi, sementara yang belum itu tinggal tersier karena terkait dengan hibah lahan dari masyarakat.  Hal ini sudah diusulkan dana APBN melalui Dinas Pertanian supaya diprogramkan,” jelasnya.

Sehingga lanjut Alfedri, dengan sistem pengairan saluran tersier tentunya menjadi solusi untuk mendapat pengairan yang baik ke area persawahan. Dampaknya akan meningkatkan produktifitas padi dimasa yang akan datang.

Sebelumnya Kadis Pertanian melalui Sekretaris Dinas Arisman menyampaikan, luasan sawah di Kampung Laksamana Kecamatan Sabak Auh berjumlah 208 hektar dengan menerapkan IP 200, dan menggunakan varietas infari 42.

Pada kesempatan itu, Bupati Alfedri menyerahkan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan untuk Almarhum Wiji kepada ahli waris Pak Adnan.

Kemudian penyerahan bantuan benih Padi Mekongga dari APBN, sebanyak 40 Kg perhektar dengan total 8 ton untuk Kampung Laksamana, dan bantuan herbisida sebanyak  416 liter, serta pupuk NPK sebanyak 50 kg. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *