Aceh Utara - 1 minggu lalu

Menembus Dingin Malam Hingga Pelosok, Memenuhi Stok Darah

LayarBerita.com – Tak kenal lelah, ini yang patut kita acungi jempol dan apresiasi terhadap keikhlasan dan ketulusan para petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Utara. Meski di tengah wabah Covid-19 serta bulan Ramadhan, para petugas tetap semangat menjalankan tugasnya.

Seperti diketahui, dengan merebaknya wabah Covid-19 di hampir semua belahan dunia, termasuk Indonesia. Petugas UDD tentu sedikit kesulitan untuk mengumpulkan darah dari pendonor agar kebutuhan bagi yang membutuhkan tercukupi.

Hal ini tentu sangat wajar, sebab di tengah wabah, petugas harus ekstra hati-hati dalam mencari dan mengambil darah masyarakat.  Terlebih di saat bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, sebagian besar warga tentu enggan melakukan donor pada siang hari.

Mengingat inilah, UDD PMI Aceh Utara sering harus krisis stok darah.  Untuk itulah,  para petugas harus bekerja di luar jam kerja pada umumnya. Yah…petugas harus keluar mencari pendonor jelang malam, sekira pukul 22.00 Wib atau usai pelaksanaan Shalat Tarawih.

Sejak awal Ramadhan, para petugas UDD menyusuri sejumlah lokasi keramaian untuk melakukan aksi donor.  Seperti mengunjungi sejumlah Masjid yang ada di Aceh Utara maupun Kota Lhokseumawe. Tak jarang, para petugas sampai kembali ke rumah jelang sahur, karena pulang dari tempat donor yang jauh dari kantor UDD yang berada di Kota Lhokseumawe.

Alhamdulillah, upaya dan ketulusan para petugas yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan, mampu mengumpulkan 508 kantong darah. Jumlah ini dikumpulkan melalui kegiatan donor darah di bulan ramadhan yang dimulai sejak tanggal 1 Mei 2020 hinnga 21 Mei 2020.

Capaian ini tentu sangat luar biasa, namun petugas UDD PMI Aceh Utara akan terus melakukan pengumpulan darah.  Sebab kebutuhan darah masyarakat tetap tinggi, meski di tengah pandemi Covid-19.  [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *