LayarBerita, Ambon – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 5 ton lebih minuman keras (Miras) tradisional jenis sopi dari Aketernate Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ke Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat, Selasa (20/10/2020).

Miras sopi tersebut dimasukkan ke dalam 176 jerigen berukuran 30 liter itu,  rencananya akan diselundupkan ke Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat dengan menggunakan sebuah longboat oleh enam orang pelaku.

Menurut Direktur Polairud Polda Maluku Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rasyid, adapun 5 ton lebih Miras sopi tersebut diamankan personel KP. XVI-2005 Dit Polairud polda Maluku, saat melakukan patroli rutin di Perairan Desa Aketernate, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Malteng pada Selasa (20/10/2020).

“Saat melihat satu unit Loang Boat sedang berlaya yang berjarak kurang lebih 1 mil laut dari tepi pantai Desa Aketernate, personel curiga dan mendekati Loangboat tersebut, serta dilakukan pemeriksaan. Saat pemeriksaan ditemukan 6 orang beserta barang bukti sopi yang dimasukkan dalam jerigen ukuran 30 liter,” ujar Direktur Polairud Polda Maluku Polda Maluku, Rabu (21/10/2020).

Dalam penangkapan tersebut Polda Maluku mengamankan enam orang lelaki yang diamankan masing-masing Lahuse (59), La Ama (47), Abdul Awahab (34), :a Wawan ((28), Ruben Sabuno (30) dan Mardin (16) asal kampung Kapar tutin, Kecamatan Prawira, Fak Fak, Papua Barat. Mereka berprofesi sebagai nelayan.

Dari pengakuan pelaku, 5.280 liter sopi ini berasal dari Desa Aketernate. Saat ini baik barang bukti sopi maupun longboat beserta keenam orang itu telah diamankan di markas Dit Polairud Polda Maluku yang berada di kawasan Lateri, Kota Ambon untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Sejauh ini keenamnya masih berstatus sebagai saksi,” tutup Harun Rasyid. [tribrata].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *