LayarBerita, Aceh Utara – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, meluncurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) dari Kementerian Sosial Bagi 41,698  KPM PKH di 27 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

Acara peluncuran Beras Sosial Pangan (BSB) dipusatkan di Gampong (Desa) Geumata Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, Senin (21/9/2020) yang dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Utara, Abulog Subdivre Lhokseumawe, Pihak BGR selaku Transpoter, Kabid Banjamsos, Kasie FM, dan Pendamping PKH.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Beras (BSB) yang diterima oleh lima perwalikan KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dengan jumlah bantuan sebanyak 30 Kg/KPM.

Fauzi Yusuf menyampaikan rasa terimakasih kepada Kementerian Sosial RI yang kembali membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya KPM PKH akibat kesulitan biaya hidup dampak dari pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan ini tidak hanya 3 bulan, tapi bisa dilanjutkan sampai akhir tahun. Untuk itu para penerima, mohon berdoa akan bantuan ini dapat dilanjutkan kembali,” ujar Wabup yang diamini para Ibu-ibu PKH yang hadir.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, Zulkarnain mengatakan, sebanyak 41,698 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kabupaten Aceh Utara kembali mendapatkan bantuan dari Kemensos selama tiga bulan.

“Bantuan ini khusus buat KPM PKH, dalam mengatasi kesulitan di masa Pandemi Covid. Penerima PKH mendapatkan bantuan beras sebanyak 30 Kg per keluarga untuk periode Juli dan Agustus,” terang Zulkarnaini.

Sambungnya, Bantuan Sosial Beras tersebut dilaksanakan selama 3 bulan, terhitung bulan Juli, Agustus dan September.  Jadi total yang diterima per KPM berjumlah 45 Kg.

“Yang disalurkan hari ini adalah jatah bulan Juli dan Agustus, sedangkan Jatah September nanti akan disalurkan di bukan Oktober,” ucapnya.

Adapun beras yang disalurkan, sambung Zulkarnaini, sesuai petunjuk Kemensos merupakan beras Bulog dengan kualitas medium.Pihak Bulog yang ditunjuk Kemensos sebagai penyedia, sedangkan untuk sistim distribusi (Transpoter) pemenang tender di Kemensos adalah pihak BGR Logistik.

“Beras ini langsung diantar oleh Transpoter ke masing-masing KPM, tugas Dinas Sosial hanya koordinasi, sosialisasi dan evaluasi agar proses pelaksanaan di lapangan berjalan sesuai yang direncanakan,” Jelas Zulkarnaini.

Sebelumnya, Kemensos RI telah mengucurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dalam menghadapi situasi Pandemi Corona. Bantuan yang telah dikucurkan mulai Bantuan Sosial Tunai, serta Bantuan Uang Tunai Bagi KPM Sembako. Hal ini untuk meringankan warga dampak dari keterbatasan penghasilan selama masa pandemi covid-19. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *