Aceh - Foto - Peristiwa - Photos - 2 minggu lalu

Berita Foto : Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Pinggir Pantai Aceh

LayarBerita, Lhokseumawe – Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada Minggu (21/6/2020) juga terlihat di Provinsi Aceh, Indonesia. Namun GMC hanya dapat terlihat sekitar 12 persen ini tetap menjadi perhatian sejumlah warga di Indonesia. Terlebih di Aceh yang saat terjadinya GMC terlihat jelas lantaran cuaca yang sangat mendukung.

 

GMC terlihat oleh sejumlah masyarakat di Indonesia terutama masyarakat Aceh yang termasuk salah satu provinsi pertama yang dapat menyaksikan fenomena tersebut.

Seperti yang terlihat di tempat objek wisata Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Selain orang dewasa, anak-anak juga tampak antusias menyaksikan fenomena alam gerhana matahari cincin. Meski hanya menggunakan peralatan seadanya, seperti kaca mata renang dan potongan kaca hitam bekas yang ditemukan di tepi pantai.

 

Menurut data dari bmkg.go.id, GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudera India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian. Masyarakat di Provinsi Aceh juga dapat mengamati peristiwa alam ini. [Teks dan Foto/Maskur]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *