Aceh - Foto - Peristiwa - Photos - 2 minggu lalu

Berita Foto : IAIN Lhokseumawe Amati Gerhana Matahari Cincin

LayarBerita, Lhokseumawe – Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe melakukan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) terakhir yang dapat diamati di Indonesia khususnya Aceh.

Namun untuk wilayah Indonesia hanya bisa mengamati Gerhana Matahari parsial. Kegiatan tersebut dilakukan secara tertutup di Laboratorium Center, IAIN Lhokseumawe, di Desa Alue Awe, Kota Lhokseumawe, Minggu (21/6/2020).

Tgk Ismail, Dosen Ilmu Falak, Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, mengatakan, jalur yang dilintasi GMC untuk wilayah Aceh hanya gerhana sebagian ataupun hanya 12% saja. Fenomena alam itu berlangsung sekitar 2 jam lebih, yaitu sejak pukul 13.36 Wib hingga 15.46 Wib, yang dihitung sejak awal kontak piringan bulan yang menutupi matahari hingga lepas kontak, ucapnya.

“Beruntungnya kita bisa melihat fenomena gerhana matahari ini, dikarenakan langit pada hari ini sangat cerah, yang mendukung pengamatan dan perekaman gerhana matahari terakhir untuk wilayah Aceh,” ucapnya.

Pengamatan gerhana matahari yang digelar IAIN Lhokseumawe kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya yang biasanya dibuka untuk umum sebagai edukasi terhadap fenomena alam tersebut. Hal ini disebabkan pandemi virus corona yang masih menghantui keseharian masyarakat.

“Kali ini kita hanya menyiarkan live streaming, tidak melibatkan masyarakat untuk menghadiri pengamatan gerhana matahari, yang hadir disini hanya 10 orang panitia yang melakukan operasional alat untuk melakukan pengamatan”, terangnya. [Foto/Teks : Reza]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *