Kabupaten Siak - 4 minggu lalu

Alfedri : Masyarakat Kian Minati Pesantren sebagai Tempat Menimba Ilmu

LayarBerita, Siak –  Saat ini para orang tua kian meminati pondok pesantren untuk memberikan dan melanjutkan pendidikan kepada anaknya. Hal ini ditandai dengan semakin bertambajnya jumlah santri yang berada dan belajar di sejumlah pesantren yang ada di Kabupaten Siak.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Bupati Siak Alfedri saat menghadiri kegiatan pengecoran perdana pembangunan Rumah Tahfiz Terpadu, di Pondok Pesantren Modern Fataha, di Kampung Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Sabtu (20/6/2020).

“Kemarin sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1441 H, saya berkeliling ke sejumlah pesantren dan bertemu langsung dengan pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Siak. Alhamdulillah rata-rata jumlah santrinya terus meningkat. Ini menandakan bahwa pondok pesantren semakin diminati untuk melanjutkan pendidikan,” ungkap Alfedri.

Sesuai data pesantren yang mengikuti Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tahun 2018, yakni sebanyak 28 pesantren di Kabupaten Siak yang tersebar hampir di seluruh kecamatan se-Kabupaten Siak.

“Semoga dengan adanya Rumah Tahfiz Terpadu ini, akan menciptakan generasi dan pemimpin yang hafal Al-Qur’an,” harap Bupati Siak.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Siak juga telah bekerjasama dengan Institut Tazkia Bogor terkait dengan pengembangan ekonomi dan bisnis syariah.  Insyaallah tahun ini, Pemkab Siak akan mengirimkan sekitar 56 orang untuk belajar di sana, dengan rincian 16 orang dari Baznas Kabupaten Siak, 2 dari PT. Persi untuk Hafiz dan sisanya S1 Ekonomi Syariah.

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Modern Fataha Khairul Akhyar, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Siak Alfedri bersama rombongan dan Bapak Pembangunan Siak Arwin.

“Saya selaku pimpinan Pondok Pesantren Modern Fataha, mengucapkan Alhamdulillah dan ribuan terimakasih. Sebab ditengah kesibukannya, Pak Bupati Siak Alfedri dan Pak Arwin menyempatkan diri untuk hadir ke pondok pesantren kami ini,” ucap Khairul Akhyar.

Sambung Khairul, Insyaallah hari itu akan dilaksanakan pengecoran pertama untuk membangun rumah Tahfiz terpadu.

“Di Rumah Tahfiz terpadu yang Insyaallah akan dibangun 3 lantai, juga akan ada beberapa fasilitas. Seperti pusat informasi data, pustaka digital, belajar kaligrafi, koperasi, pusat kegiatan santri, dan pusat kesehatan pesantren,” jelas pimpinan Pondok Pesantren Modern Fataha tersebut.

Diakhir acara, Bupati Siak Alfedri bersama mantan Bupati Siak yang sekaligus Bapak Pembangunan Siak H. Arwin, melakukan pengecoran perdana secara langsung pembangunan Rumah Tahfiz Terpadu di Pondok Pesantren Modern Fataha. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *