Aceh Utara - 21 Mei, 2020

Persatuan Pemuda Sawang Sambangi Rumah Anak Yatim dari 39 Desa

LayarBerita, Sawang – Persatuan Pemuda Kecamatan Sawang (PPKS), membagikan sembako untuk anak yatim piatu di seluruh wilayah Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Pembagian ini dilakukan menjelang Idul Fitri yang hanya terhitung beberapa hari lagi. Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim, terlebih di bulan Ramadhan 1441 H.

Para pemuda peduli dhuafa yang tergabung dalam PPKS di Kecamatan Sawang tergugah untuk saling berbagi antar sesama di akhir Ramadhan. Kepedulian ini dilakukan dengan membagikan paket sembako untuk 200 anak yatim dalam 39 desa yang ada di Sawang. Pembagian ini berlangsung selama dua hari sejak Senin hingga Selasa, (20/5/2020).

“Kami langsung turun ke desa-desa mencari anak yatim yang masih dibangku sekolah dasar (SD) dalam wilayah Kecamatan Sawang, dengan menanyakan pada geuchik setempat. Pada hari pertama kami berhasil membagikan 50 paket sembako, sejak pagi hingga sore. Sementara 150 sembako lainnya berhasil kami bagikan pada hari selanjuntnya,” ungkap Yusri selaku Ketua PPKS.

Lanjutnya, paket sembako yang dibagikan itu diperoleh dari sejumlah donatur,  baik yang ada di daerah maupun di luar daerah.  Bahkan sebagian sumbangan juga kita terima dari pemuda Sawang yang merantau di Malaysia.

“Paket sembako ini kami himpun dari berbagai sumber baik masyarakat sawang sendiri maupun dari donatur lainnya,” tambah Yusri

Menurut Yusri, PPKS merupakan sebuah komunitas yang awalnya terbentuk di Malaysia sejak 2016 lalu, komunitas tersebut bertujuan untuk untuk saling berbagi rezeki mereka para perantau dengan kaum dhuafa atau fakir miskin di tempat mereka lahir. Hingga saat ini komunitas PPKS terus diikembangkan oleh pemuda peduli yang ada di daerah Sawang.

“Saat itu beberapa teman kita yang ada di Malaysia menggagas komunutas ini untuk mengumpulkan dana, agar bisa membantu rumah dhuafa yang ada di Sawang dengan menyisihkan sebagian harta mereka. Jadi sekarang kita pemuda sudah mengembangkannya yakni dengan melakukan berbagai giat sosial dalam masyarakat,” jelas Yusri

Sebelumnya PPKS juga telah membangun 2 unit rumah dhuafa yakni di Dusun Lhok Pungki Gampong Gunci dan Gampong Cot Labideng Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Kini PPKS kembali melakukan giat sosialnya dengan mengumpulkan berbagai bantuan lainnya dari para donatur yang ada untuk berbagi terhadap sesama.

“Kami berharap, semoga ke depan kita bisa lebih aktif dan kami juga bekerja sama dengan pihak Muspika, agar bisa bersama-sama membantu masyarakat miskin yang masih perlu uluran tangan kita bersama,” tutup Yusri. [Fazir]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *