LayarBerita, Siak – Bupati Siak Alfedri didampingi pimpinan Forkopimda Kabupaten Siak melaporkan sejumlah langkah penanganan merebaknya penyebaran Wabah Covid 19 atau Virus Corona di Kabupaten Siak melalui video conference kepada Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, dari ruang Command Center Siak Live Room, yang berada di Ruangan Bandar Serai Kantor Sekretariat Daerah.

“Hari ini kita melakukan Video Confrence dengan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, melaporkan sejumlah langkah antisipasi penyebaran Virus Corona di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Siak,” ujar Alfedri usai Video Conference di Siak Sri Indrapura, Senin pagi (23/3/2020).

Dalam kesempatan itu Bupati Alfedri menyampaikan sejumlah langkah yang telah dilakukan Pemkab Siak dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Diantaranya melalui OPD terkait membuat imbauan bagi ASN untuk bekerja di rumah.

Namun jika bertugas di bidang pelayanan ASN tersebut diminta untuk mengatur jarak dalam bekerja, seperti ASN yang bekerja di kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Paten di masing-masing kecamatan.

“Kita juga sudah membentuk Gugus Tugas yang akan bekerja sesuai protokol kesehatan dan komunikasi yang diatur, serta melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah dan tempat wisata beberapa waktu lalu,” ungkap Alfedri.

Terkait upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona dari pelabuhan penumpang dan barang di Tanjung Buton dan Mengkapan. Pihaknya juga sudah menyiapkan petugas kesehatan pelabuhan untuk mengecek suhu badan setiap penumpang.

“Di pelabuhan Tanjung Buton kita sudah melakukan kerjasama antara Dinas Perhubungan dan KSOP. Setiap orang yang masuk kita wajibkan untuk diperiksa suhu badannya. Sementara untuk pelabuhan barang juga akan dilakukan pengecekan kesehatannya, melalui petugas kesehatan pelabuhan dan KP3,” terangnya.

Melalui sambungan Video Confrence, Bupati Siak Alfedri juga menyampaikan kesiapan Pemkab Siak terhadap ketersediaan pangan untuk dua bulan ke depan. Ditambah dengan kesiapan RS Tengku Arfi’an sebagai RS rujukan yang saat ini terus dilengkapi fasilitas Rumah Sakit.

Pada kesempatan tersebut Bupati Alfedri juga meneruskan pesan Gubernur Riau, untuk mengimbau seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Siak agar mengawasi seluruh para pekerjanya dan berkoordinasi kepada Pemda jika di temukan pekerjanya yang mengalami gejala yang mirip dengan Covid-19.

“Kita minta kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Siak, baik yang memperkerjakan WNA (Warga Negara Asing) atau WNI, agar mengawasi pekerjanya, dan melakukan langkah protokol kesehatan,” tandasnya. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *