LayarBerita, Siak – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Mempura ke-XI secara resmi dibuka oleh Bupati Siak, Alfedri, Rabu Malam (26/2/2020).  Agenda syiar islam ini digelar di lapangan bola Kampung Merempan Hilir Kecamatan Mempura.

Hadir seluruh kafilah dari 7 kampung dan satu kelurahan se- Kecamatan Mempura yang  berkumpul kembali guna mengikuti perhelatan menegakkan nilai-nilai syiar Islam yang terkandung dalam Al-Quran tersebut.

Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya menerangkan jika “Musabaqah Tilawatil Qur’an mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak umat.

“Kita mengharapkan dari pelaksanan MTQ setiap tahun yang sudah berjalan, mampu membangun mental spiritual akhlak umat. Al-Quran benar-benar sebagai Hudan Linnas’, Al-Furqon dan juga sebagai As Syifa karena Al-Qur’an hadir di tengah-tengah hidup kita sebagai pedoman dan menjadikan kulitas ibadah kepada Allah semakin lebih baik,” ujar Alfedri.

Bupati Siak juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir, terkait pentingnya menjaga anak dari pengaruh Narkoba.  Melalui momen MTQ ini dirinya meminta masyarakat menjadikan Alquran sebagai sumber pengetahuan serta mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah.

“Saya mengajak kepada kita semua, melalui kegiatan yang baik Ini, jadikan MTQ jalan kita untuk menjadi manusia yang lebih baik, dengan membaca, mentadabur serta mengamalkannya. Saya juga berharap kita bersama dapat perangi narkoba dan penyakit sosial lain yang dapat merusak generasi muda Islam,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Alfedri juga memaparkan sejumlah program pemerintah daerah, seperti bantuan sosial melalui BAznas, Infrastruktur, manfaat dana desa, serta beasiswa berprestasi dan kaum marginal. Dirinya juga mendorong regulasi yang mengatur Pemda dapat membantu lembaga pendidikan seperti pesantren.

Sementara itu Camat Mempura Desy Fefyanti meminta dukungan dan doa kepada masyarakat di kecamatan, agar pada MTQ tingkat Kabupaten Siak mendatang, yakni minggu ke empat di bulan April di Kandis, Kecamatan Mempura bisa naik peringkat dalam 3 besar.

“Karena bagi kami itu bukan hal yang mustahil, di MTQ tahun lalu dari peringkat enam. Alhamdulillah Mempura naik menjadi peringkat empat, usaha ini kami lakukan atas pembinaan yang dilakukan secara terus menerus,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk Kecamatan Mempura 90 % peserta MTQ dipilih dari Kecamatan Mempura sendiri. Hanya beberapa peserta yang dari luar untuk ikut pada beberapa cabang.

Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan Mempura ke XI tahun 2020 di ikuti 8 kafilah. Sedangkan cabang yang diperlombakan, antara lain : Tartil Qur’an di ikuti 16 orang,  Tilawah Anak-anak jumlah peserta 14 orang, Tilawah Remaja jumlah peserta 16 orang, Tilawah Dewasa jumlah peserta 13 orang, Hifzil Qur’an 1 Juz jumlah peserta 12 orang,  Hifzil 5 juz jumlah peserta 3 orang, Syamil Quran jumlah peserta 33 orang dan Famil Qur’an jumlah peserta sebayak 30 orang.

Saat menghadiri pembukaan MTQ, Bupati Alfedri menggunakan pakaian melayu berwarna biru dan perpaduan songket warna hitam didampingi Istri Hj Rasidah, menyempatkan diri mengunjungi seluruh stand pameran yang berada di samping astaka.

Hadir pada acara itu Kamenag Siak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak, Direktur PT Persi, para anggota Dewan Siak, para penghulu kampung, Bapekam, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat Merempan Hilir. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *