LayarBerita, Banda Aceh – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT., dinobatkan sebagai Bunda GenRe (generasi berencana) Aceh di Hotel Hermes, Banda Aceh, Senin (24/2/2020) malam.

Prosesi penobatan dilakukan oleh Deputi Bidang KSPK Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, DR. Dr. M.Yani, M.Kes, PKK., dan disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs. Sahidal Kastri, Mpd.

Penobatan tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan sosialisasi kebijakan dan strategi pembinaan tumbuh kembang anak dalam rangka pembentukan karakter yang digelar BKKBN Aceh.

GenRe sendiri adalah singkatan dari generasi berencana yang dikembangkan BKKBN dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program tersebut mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Selain itu, program GenRe juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Dalam sambutannya Dyah mengatakan pentingnya tanggung jawab orang tua untuk mengasuh, membimbing, serta mendidik anak.

“Peran ini tidak boleh diabaikan para orang tua karena sangat menentukan arah hidup seorang anak di masa depannya nanti,” kata Dyah.

Mengingat akan peran dan tanggung jawab tersebut, kata Dyah, orang tua tidak boleh lalai, apalagi lari dari amanah besar tersebut. Hal itu, lanjut Dyah, sesuai dengan ajaran Islam yang dengan tegas memperingatkan para orang tua untuk mengasuh dan mendidik anak dengan baik.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut juga dilakukan pengukuhan Forum Generasi Berencana Aceh periode 2020-2022.

Pengukuhan dilakukan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs. Sahidal Kastri, Mpd dan disaksikan Deputi Bidang KSPK BKKBN RI, DR. Dr. M.Yani, M.Kes, PKK. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *