LayarBerita, Aceh Utara –  Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kaye Kunyet, Nisam, Aceh Utara, mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan 12 bilik santri, Jumat (21/2/2020) sekira pukul 11.45 Wib. Usai musibah, rombongan Wakil Bupati Aceh Utara mengunjungi dayah tersebut seraya memberikan bantuan masa panik.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menyerahkan bantuan kepada Pimpinan Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kaye Kunyet, dimana 12 bilik santri yang berkonstruksi kayu dan seluruh kitab kuning terbakar. Penyebab kebakaran dayah tersebut sementara diduga akibat korsleting listrik.

Penyerahan bantuan turut didampingi Ketua DPRK Aceh Utara Arafat serta sejumlah anggota Dewan, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdullah Hasbullah, S.Ag, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Zulkarnaini, M.Pd, Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Tgk Zulkarnaini bin Hamzah, Ketua Harian Partai Aceh, Camat Nisam Ibnu Khattab, SE, serta para Muspika Kecamatan Nisam.

Wakil Bupati menyatakan turut prihatin dengan musibah yang terjadi dan meminta kepada keluarga besar Dayah Darul Ulum agar sabar dalam menghadapi cobaan tersebut. “Semua ini pasti ada hikmahnya dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan senantiasa membantu, agar Dayah ini bisa berfungsi normal kembali,” ujar Fauzi Yusuf.

Lanjut Wakil Bupati, sangat prihatin atas terbakarnya dayah ini yang merupakan tempat menimba ilmu agama Islam. “Kami akan membantu baik dalam masa panik ini maupun terhadap pembangunan infrastruktur yang rusak. Termasuk kitab kuning yang terbakar melalui dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan Dayah dan Dinas Sosial,” jelasnya seraya meminta supaya Dinas terkait segera mendata kerusakan akibat peristiwa ini dan apa yang dibutuhkan. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *