LayarBerita, Siak – Puluhan pelajar dari tingkat SD, SMP dan Dewasa di Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang dipusatkan di Masjid An-Nur, yang berlangsung selama 2 hari, mulai Selasa 11 hingga 12 Februari 2020.

Pada acara penutupan, turut dihadiri Camat Bungaraya Amin Soimin beserta istri, Sekcam Bungaraya Wasito beserta istrinya, Penghulu Kampung Temusai Markuat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat Temusai.

Dalam sambutannya Penghulu Kampung Temusai Markuat berharap, dengan adanya STQ di kampung, hendaknya dapat menjadi ajang untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memahami dan membaca alquran.  Juga bagi peserta serta anak-anak dapat mengedepankan syiar Islam untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam hidup.

“Jadikan Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari yang harus diimplementasikan,” ujar Markuat.

Lebih lanjut Markuat mengatakan, melalui seleksi tersebut dapat memunculkan bakat-bakat para qori dan qoriah yang terbaik, untuk dapat mengikuti ajang perlombaan MTQ, baik ditingkat kecamatan, kabupaten bahkan tingkat provinsi.

“Insyah Allah ,kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk melahirkan generasi Qurani di Kampung Temusai,” ungkapnya.

Penghulu Kampung Temusai ini juga mengajak anak-anak dapat mempelajari isi dalam kandungan alquran. Sehinga melahirkan para remaja yang mencitai alquran dan menjadikan pedoman daam pergaulan dan kehidupan sehari hari.

“Teruslah belajar dan membaca alquran, sehinga dapat melahirkan para qori dan qoriah yang terbaik di kampung kita ini. Bagi peserta yang mendapat juara jangan jumawa atau sombong.  Bagi yang belum juara, teruslah belajar,” pesannya.

Camat Bungaraya Amin Soimin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat ataupun panitia yang telah melaksanakan kegiatan STQ dengan baik.

“Kami dari pemerintah kecamatan memberikan apresiasi kepada masyarakat Temusai yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan STQ Kampung Temusai ini. Kami bersama istri dan pak Sekcam juga bersama istrinya datang menghadiri acara penutupan ini untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Kampung Temusai agar lebih kompak dan lebih baik lagi. Sehingga dapat menjadi contoh tauladan,” ujar camat dengan penuh semangat di depan para qori dan qoriah.

STQ Kampung Temusai yang ke-10 ini, kata Amin,tentunya sudah menjaring Qori Qoriah yang bisa diandalkan baik tingkat kampung, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

“Saya dengar, Qori Qoriah Kampung Temusai ini sudah meraih prestasi tingkat provinsi ataupun luar daerah. Jadi saya berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan agar lebih baik lagi,” pungkasnya. [Sugianto]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *