LayarBerita, Aceh Utara – Tim Penyusun evaluasi partisipatif Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Utara Tahun 2017 – 2022, menyerahkan dokumen hasil evaluasi kepada Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib di Oproom Setdakab Aceh Utara, Senin (10/2/2020).

Serah terima dokumen hasil evaluasi RPJM ini turut disaksikan oleh Sekda Abdul Aziz, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, dan seluruh Kepala SKPK Aceh Utara.

Menurut Sekda, proses evaluasi terhadap RPJM Aceh Utara Tahun 2017 – 2022 sebelumnya telah dimulai dengan serangkaian kegiatan, termasuk kegiatan focus group discussion (FGD) dengan melibatkan banyak kelompok masyarakat dan para pakar, kegiatan workshop, dan diskusi terbatas SKPK, sejak awal Desember 2019 lalu.

Tim Penyusun, kata Sekda Abdul Aziz, telah melakukan evaluasi dan menyusun dokumen RPJM ini dengan memalui berbagai pertimbangan, dan memperhatikan berbagai hal masukan dan gagasan dengan sangat serius, sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas.

“RPJM ini memang telah separuh waktu bagi Bupati – Wakil Bupati, akan tetapi hal ini tentu akan dilaksanakan maksimal oleh Bupati – Wakil Bupati dalam sisa waktu ke depan,” ujar Abdul Aziz.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Utara A Murtala, sebelumnya mengatakan evaluasi partisipatif terhadap RPJM daerah dilakukan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan.

Hal itu dimaksudkan untuk menilai kinerja dari suatu program pembangunan yang tertuang dalam RPJM tersebut. Evaluasi ini dilaksanakan paling sedikit satu kali dan paling lambat satu tahun sebelum berakhirnya periode RPJM tersebut.

Tim Penyusun hasil evaluasi partisipatif RPJM Aceh Utara 2017 – 2022 Dr Ichsan dalam pemaparannya antara lain mengatakan pihaknya melakukan evaluasi di antaranya melalui workshop/kick off meeting, FGD dengan SKPK secara bergilir, analisis data dan finalisasi hasil evaluasi, serta terakhir melakukan presentasi dan penyerahan hasil kepada Bupati.

Dikatakan Ichsan, hasil evaluasi ini didasarkan pada Visi Pemerintah Aceh Utara saat ini yaitu terwujudnya keberlanjutan pembangunan masyarakat Aceh Utara yang Berbudaya, Sejahtera, mandiri, dan Islami (Bersemi).

Sementara hasil evaluasi tersebut dituangkan dalam 5 Misi yang konkrit, yaitu Misi I menciptakan Pemerintah Aceh Utara yang bersih, berwibawa, bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme, dan penegakan hukum serta penegakan syariat Islam dengan semangat MoU Helsinki dan UUPA.

Misi II meningkatkan pembangunan SDM yang profesional, berkualitas, berbudaya, dan pengarusutamaan gender sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Selanjutnya, Misi III meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat melalui layanan kesehatan yang bermutu.

Misi IV meningkatkan infrastruktur dasar dan pemerintahan dengan memperhatikan penataan ruang, kelestarian lingkungan dan mendukung pertanian berkelanjutan.

Terakhir Misi V memfokuskan peningkatan ekonomi atas dasar optimalisasi potensi daerah, perbaikan iklim investasi, pemberdayaan gampong yang berorientasi pada pencapaian kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Bupati H Muhammad Thaib pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Tim Evaluasi RPJM Aceh Utara 2017 – 2022, karena telah bekerja ekstra dan tepat jadwal, sehingga dokumen tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Kata Bupati Aceh Utara, evaluasi ini telah dilakukan selama sebulan oleh tim, dengan metode seperti yang telah disampaikan oleh akademisi, yaitu Dr Ichsan. “Hasil yang telah disimpulkan oleh Tim tadi hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua,” harap Cek Mad panggilan akrab Bupati Aceh Utara.

Khususnya bagi SKPK yang berkontribusi terhadap penanggulangan kemiskinan, Cek Mad berharap agar benar-benar memperhatikan program/kegiatan dalam Renja-nya yang lebih fokus kepada penanggulangan kemiskinan.

“Sisa dua tahun RPJM ini, Kami berharap seluruh SKPK dapat mendukung tercapainya semua sasaran pembangunan dalam RPJM periode kami,” pinta Muhammad Thaib. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *