LayarBerita, Siak – Bupati Siak, Alfredi menghadiri panen padi perdana di areal persawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benji, Kampung Harapan, Kecamatan Sunagai Apit, Rabu (5/2/2020) sore.

Pada kesempatan itu, Bupati Alfedri terkenang masa kecilnya saat memanen padi dan kelapa sawit di kawasan tersebut.

“Saya merasa sangat senang bisa berada di areal persawahan bersama ibu dan bapak semuanya, karena persawahan merupakan tempat main saya waktu kecik dulu. Saya selalu ikut orang tua ketika ke sawah, termasuk ketika memanen,” ungkap Alfedri.

Alfedri juga menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu program prioritas nasional terkait kedaulatan pangan nasional. Oleh karena itu, apa yang diminta oleh para petani untuk meningkatkan kualitas dan produksi perkebunan maupun persawahannya, pihaknya akan mengusahakan, ujarnya.

Meskipun Kabupaten Siak, kata Alfedri memiliki lahan sawah sudah mencapai 4.200 hektar, namun masih belum bisa memenuhi 100 persen kebutuhan beras yang ada di Kabupaten Siak.

“Saat ini sudah memasuki masa tanam kedua, lahan sawah yang ada baru bisa memenuhi 75 persen kebutuhan beras di Kabupaten Siak,” sebutnya.

Ia berharap ke depannya akan semakin banyak lahan sawah baru, sehingga bisa memenuhi 100 persen kebutuhan beras di Kabupaten Siak.

Bupati Alfredi juga berpesan agar para petani membayarkan zakat ketika sudah panen, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah, dan semoga hasil panen semakin meningkat dan menjadi berkah, amin, tutup Alfedri di akhir sambutannya.

Acara tersebut turut dihadiri Camat Sungai Apit Wahyudi, Penghulu Kampung Harapan serta tamu undangan. (Abb/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *