LayarBerita, Siak –  Menjelang makin dekatnya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang tinggal 25 hari lagi. Pemkab Siak menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat bertajuk “Road to GMC”, di lapangan Sepakbola Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Minggu pagi (1/12/19).

Acara diisi dengan kegiatan Jalan Santai dan Pengobatan Gratis serta Gerak Jalan Beregu tingkat SD hingga SLTA.  Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Puskesmas Sungai Apit, PGRI Kecamatan Sungai Apit dan EMP Malacca Srait.

“25 hari lagi, Kita akan memusatkan kegiatan nasional untuk menyambut Gerhana Matahari Cincin (GMC), yang merupakan peristiwa alam luar biasa,” ujar Alfedri saat menghadiri kegiatan tersebut.

Sejumlah even yang akan diadakan bersempena GMC. Tentunya momentum ini juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Siak. Guna mendukung pariwisata kata Alfedri,  pihak LAPAN bersama Kemristekdikti akan mengadakan workshop teropong lubang jarum untuk 100 peserta, pameran fotografi gerhana matahari, dan kamera obscura.

Lanjutnya, festival itu diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang fenomena alam gerhana matahari cincin. Selain itu setiap agenda kegiatan  direncanakan dengan matang, agar acara berjalan sukses dan memenuhi target.

“Fenomena ini merupakan suatu keberkahan bagi Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak sebagai pusat untuk melihat Gerhana Matahari Cincin,” ucap Alfedri.

Bersempena GMC lanjutnya, pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang, artis ibukota Nissa Sabyan juga akan hadir ikut menghibur masyarakat. Selain itu pemutaran film IQRA’ juga akan dilaksanakan di Kampung Bunsur, guna memeriahkan kegiatan nasional tersebut.

Setelah menghadiri Road to GMC di Kampung Bunsur, Bupati Siak Alfedri menyerahkan bibit ikan di salah satu Pesantren di Kecamatan Pusako.

Bantuan bibit ikan ini disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak kepada nelayan sebanyak 50 Bal.  Serta bantuan alat tangkap ikan yang berupa jaring sebanyak 200 lembar jaring. Bagi pesantren disediakan 2.500 bibit ikan baung dan 500 bibit ikan nila, serta uang tunai Rp.2 juta dari Bupati Siak Alfedri untuk pakan ikan.

“Diharapkan dengan bantuan ini memberikan manfaat bagi para nelayan dan pesantren,” tutup Bupati Siak. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *