LayarBerita, Banda Aceh  –  Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes melepas ribuan peserta Sepeda Santai Rally Tsunami Pole, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu, (1/12/2019).

Kegiatan sepeda santai yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh dan BPBA ini merupakan salah satu rangkaian dari sekian banyak acara dalam peringatan mengenang 15 tahun bencana Tsunami Aceh.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Teuku Ahmad Dadek, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi, Fokompimda Aceh dan sejumlah unsur lainnya.

Para peserta sepeda santai kali ini menempuh rute menyusuri sejumlah situs tsunami. Peserta dilepas di Lapangan Blang Padang menuju situs Tsunami Aceh Kapal Apung, kemudian ke Jalan Sultan Iskandar Muda melewati kuburan massal Ulee Lheue, berbelok ke Jalan Rama Setia, menuju Jalan Flamboyan.

Selanjutnya berbelok ke Jalan Cut Mutia, kemudian ke jalan Diponegoro, menuju ke arah Simpang Kodim, lalu melewati Jalan Mohd Jam dan finish kembali di Lapangan Blang Padang.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi, mengatakan kegiatan peringatan Tsunami tersebut merupakan agenda tahunan yang dilakukan sebagai bentuk pengingat bagi masyarakat Aceh agar senantiasa siaga dalam menghadapi bencana.

“Sebagai kawasan yang rawan bencana, sudah seharusnya masyarakat Aceh lebih sadar terkait kebencanaan. Mengingat hampir seluruh wilayah Aceh rawan bencana, baik itu banjir, longsor, gempa, dan tsunami,” kata Sunawardi.

Agenda ini, sambungnya dilakukan sebagai upaya kita bersama melawan lupa tragedi Tsunami bencana dahsyat yang menerjang Aceh dan tsunami pole ini adalah salah satu kegiatan yang kita laksanakan,” kata Sunawardi.

Dirinya menyebutkan rangkaian kegiatan mengenang tsunami Aceh tersebut sudah dilaksanakan sebelumnya, yaitu Jambore Penanggulangan Bencana di Sare.

Kemudian juga akan dilaksanakan rembuk relawan yang akan berpusat di Lampuuk,  dan nantinya juga akan dilaksanakan kegiatan nasional Keluarga Tanggap Bencana (Katana) di Pasi Jantang yang akan dihadiri ribuan orang dari kalangan BNPB, Kementerian terkait, BPBD se-Indonesia, BPBA dan BPBD se-Aceh serta masyarakat setempat.

Kegiatan akan dilanjutkan juga dengan rembuk ilmuan kebencanaan, bedah buku Smong, lomba foto tema tsunami, dan acara puncak peringatan 15 tahun Tsunami dilaksanakan Kabupaten Pidie. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *