LayarBerita, Lhoksukon – Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Utara tak bosan-bosan mengingatkan agar pengendara lebih berhati-hati dan menaati peraturan saat berkendara.  Termasuk mengimbau agar mobil bak terbuka (pickup) tidak mengangkut penumpang.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, melalui Kasat Lantas AKP T Heri Hermawan, Sabtu (30/11/2019) menjelaskan, sosialisasi dan imbauan agar mobil bak terbuka tidak mengangkut penumpang, untuk mengantisipasi kecelakaan.  Sebab mobil pickup jika dipakai untuk mengangkut orang sangat berisiko.

“Pelarangan mobil bak terbuka mengangkut orang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.  Dimana disebutkan kendaraan angkutan barang, dilarang mengangkut penumpang atau orang,” ujarnya.

Sambung Kasat Lantas, pihaknya menyampaikan imbauan tersebut untuk mengantisipasi jangan sampai mobil bak terbuka mengangkut masyarakat. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi penumpang yang duduk di belakang mobil bak terbuka.

“Terkadang kita temui di jalan, sebuah mobil pickup mengangkut hingga 30 orang di bak belakang.  Dengan kondisi berhimpitan seperti itu, tentu sangat rawan terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Lanjut Kasat Lantas, kendaraan angkutan barang hanya untuk mengangkut barang bukan orang. Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para pemilik kendaraan bak terbuka, untuk tidak dipergunakan mengangkut orang melainkan digunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Kami tidak melarang penggunaan mobil bak terbuka. Silakan digunakan tapi jangan dipaksakan untuk mengangkut manusia. Sejumlah kasus kecelakaan membuktikan bahwa mobil bak terbuka tidak aman untuk keselamatan, jika digunakan untuk mengangkut penumpang,” tutupnya. [tribrata]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *