Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyerahkan bendera Porwil kepada Sekda Aceh, dr Taqwallah sebagai tuan rumah Porwil XI tahun 2023. (Humas Aceh)

LayarBerita, Bengkulu – Sekretaris Daerah Aceh dr. Taqwallah M.Kes, mewakili Plt Gubernur menerima bendera tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI tahun 2023 yang diserahkan oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, pada sesi penutupan Porwil X, Sabtu (9/11/2019) malam.

Penyerahan bendera tuan rumah itu dilakukan pasca terpilihnya Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan Porwil XI tahun 2023 mendatang.

“Insyaallah, Aceh akan menjadi tuan rumah yang baik dan nyaman bagi seluruh peserta Porwil 2023 yang datang,” kata Taqwallah usai menerima bendera pataka tuan rumah Porwil XI dari Gubernur Bengkulu.

Aceh terpilih sebagai tuan rumah Porwil XI setelah melewati proses yang alot dalam rapat penentuan yang berlangsung di Hotel Horison, Bengkulu, Kamis (7/11/2019) lalu.

Sebagaimana dijelaskan Ketua Tim Pemenangan Tuan Rumah Porwil XI/2023 Aceh, M Nasir Syamaun SIP, MPA, ada tiga provinsi yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah, yakni Aceh, Jambi dan Sumatera Selatan.

Dalam pemilihan tersebut, Aceh meraih enam suara, Jambi tiga suara dan Sumatera Selatan hanya memperoleh satu suara.

Rapat pemilihan tuan rumah Porwil itu dihadiri seluruh pimpinan KONI Provinsi se Sumatera yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung dan Bengkulu.

Kabar terpilihnya Aceh sebagai tuan rumah Porwil 2023 telah diperoleh sejak Kamis (7/11/2019) dari Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Aceh (Kadispora), Dedy Yuswadi, dan kemudian disusul dengan undangan untuk menerima Bendera Pataka Porwil pada penutupan Porwil X di Bengkulu, Sabtu (9/11/2019) malam.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah langsung mengucapkan “syukur Alhamdulillah”, begitu dilaporkan Aceh terpilih sebagai tuan rumah Porwil XI tahun 2023 mendatang.

Nova Iriansyah meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat agar Aceh menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu-tamu Porwil yang akan datang.

“Kita bersyukur dan mendukung penuh serta memohon doa seluruh rakyat Aceh agar lancar mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Nova, Jumat (8/11/2019) kemarin.

Senada dengan Plt Gubernur Nova, Kadispora Dedy Yuswadi mengatakan, kita bersyukur terpilih sebagai tuan rumah Porwil 2023, karena menjadi ajang uji coba kesiapan Aceh sebagai tuan rumah PON 2024, bersama Sumatera Utara.

“Venue yang kita siapkan untuk PON 2024 akan diuji pada Porwil. Jika ada yang harus disempurnakan lagi, kita punya waktu 12 bulan sebelum ajang PON digelar,” pungkasnya. (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda