Manfaat Tidur Siang untuk Anak (Foto: Hany Mahmoud/Shutterstock)

LayarBerita.com – Anak-anak umumnya tidak suka jika diajak untuk tidur siang. Apalagi bila dia harus tidur siang di tengah aktivitas bermainnya. Padahal, tidur siang banyak memberikan manfaat penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berikut beberapa manfaat tidur siang untuk anak:

1. Tumbuh kembang anak lebih optimal

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan akan lebih aktif berproduksi saat anak tidur di siang hari.

2. Memperbaiki suasana hati anak

Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

3. Konsentrasi anak lebih fokus

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.

4. Meningkatkan daya ingat anak

Tidur siang yang rutin pada anak, menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, dapat meningkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal.

5. Mencegah obesitas 

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang.

Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak

Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak pada dasarnya berbeda-beda, sesuai dengan usianya. Semakin dini usianya maka kebutuhan tidur siangnya akan lebih banyak dibandingkan anak yang sudah besar.

Pada anak usia 1-5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 1-3 jam. Sementara itu, pada anak di atas usia 5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 30 menit hingga 2 jam.

Selain itu, perhatikan juga waktu tidur siang mereka. Sebaiknya, si Kecil tidak tidur siang terlalu sore. Usahakan beberapa saat setelah makan siang, anak segera diajak tidur siang. Waktu tidur malamnya pun tidak mundur atau jadi sulit tidur di malam hari.

Jangan dipaksa!

Oleh karena sebagian besar anak tidak suka diajak untuk tidur siang, sebaiknya Anda tidak mengajarkan anak rutin tidur siang melalui paksaan. Memaksa anak untuk mau tidur siang akan membuat anak menjadi tidak suka dengan tidur siang.

Kenalkan aturan tidur siang pada anak sejak usia dini. Anak pun secara alami akan mengantuk dan mengenali waktu-waktu yang biasa dilakukan tidur siang.

Selain itu, agar tidur siang lebih mudah untuk, ada beberapa tip untuk membantu Anda, antara lain:

  • Memperbanyak aktivitas di pagi hari. Aktivitas anak yang padat di pagi hari akan membuat energi anak menjadi berkurang dan mudah lelah. Dia pun lebih mudah untuk diajak tidur siang.
  • Membuat suasana tidur yang nyaman. Ruang tidur yang nyaman dan sejuk merupakan salah satu faktor pendukung anak mau untuk diajak tidur siang tanpa paksaan.
  • Buat waktu tidur yang sama setiap hari sehingga pada waktu ini si Kecil akan terbiasa untuk tidur dan mudah mengantuk di waktu tersebut.

Waktu tidur siang pada anak sangat berharga karena banyak manfaatnya. Untuk itu, jadikan hal ini kebiasaan si Kecil sedini mungkin. Tapi ingat, tetapi jadikan waktu tidur siang anak menjadi hal yang menyenangkan dan tanpa paksaan. (KlikDokter.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda