Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 66 Miliar Berhasil Digagalkan

LayarBerita, Batam – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Kepulauan Riau berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster senilai Rp 66 miliar dari Jambi menuju Singapura, Kamis (7/11/2019). Penangkapan dilakukan saat para tersangka mengangkut benih lobster dari Perairan Kuaka Tungkal, Jambi menuju Kepri.

Dilansir tribratanews, Dirpolairud Polda Kepri Kombes Pol. Benyamin Sapta mengatakan penangkapan dilakukan saat anggota Polairud sedang berpatroli dan  mencurigai perahu yang sedang dibawa tersangka.

Saat itu tersangka sedang melakukan pencacahan dan reoksigen terhadap benih benih yang disimpan dalam 44 dus. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan benih yang akan diselundupkan mencapai 246.400 ekor dari dua jenis lobster.

“Ada dua jenis lobster yang rencananya diselundupkan dan berhasil diamankan yaitu jenis lobster mutiara dan pasir. Diperkirakan kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 66 miliar,” terang Dirpolairud Polda Kepri.

Sambungnya, dalam kasus penyelundupan baby lobster ini pihaknya mengamankan 4 tersangka. Mereka adalah, NY sebagai nakhoda, MZ, RH, JA sebagai ABK.  Keempatnya merupakan warga Batam.

Sesuai keterangan awal, rencananya barang bukti yang dibawa oleh keempat tersangka dari Perairan Kuala Tungkal, Jambi menuju perairan Kepri untuk melanjutkan ke negara Singapura.

“Bila penyelundupan ini lolos, dari Singapura, nantinya akan dikirim lagi ke Hongkong dan Taiwan,” ungkap Benyamin.

Adapun barang bukti yang diamankan, 1 unit kapal tempel merek Mercury 4 x 300 PK, 44 dus baby lobster. Setiap kotaknya berisikan 28 kantong plastik. Masing-masing kantong plastik berisikan 200 ekor benih. Total diperkirakan 246.400 ekor benih lobster.

“Tersangka dijerat dengan pasal 88 UU RI No 45/2009 tentang perubahan atas UU RI No 31/2004 tentang Perikanan. Sedangkan benih-benih lobster yang berhasil disita akan dilepaskan di Balai Konservasi Pulau Abang Batam Provinsi Kepri,” tutup Dirpolairud Polda Kepri. [tribrata]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda