Vonis Perkara Sabu 50 Kg, 1 Hukuman Mati dan 3 Seumur Hidup.

LayarBerita, Lhokseumawe – Perkara narkotika jenis sabu-sabu seberat 50 Kg yang di sidang di Pengadilan Negeri Lhokseumawe memasuki tahap pembacaan vonis.  Dari 4 terdakwa, hakim memvonis seorang dengan hukuman mati dan 3 lainnya hukuman seumur hidup. Pembacaan putusan Kamis (7/11/2019) ini tampak dikawal oleh sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap dari Polres Lhokseumawe.

Proses persidangan awalnya dengan menghadirkan 3 terdakwa, yakni M Arrazi (26), Hamdan Syukranlillah (26) dan Irwandi (27) warga Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Majelis hakim memvonis ketiga terdakwa dengan hukuman seumur hidup. Vonis ini lebih ringan dibanding tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum.

Usai vonis dibacakan, majelis hakim mempersilahkan ketiganya untuk keluar ruang sidang. Wajah ketiga terpidana terlihat biasa, tanpa kegusaran. Setelah itu majelis hakim memanggil Ibnu Sahar (36) ke ruang sidang untuk mendengarkan putusan. Terhadap Ibnu Sahar, Hakim memutuskan dengan hukuman mati atas kasus yang mendera terdakwa. Proses sidang berjalan lancar dan aman tanpa ada gangguan, yang berjalan sekitar 1,5 jam itu.

Menurut Kuasa Hukum Terpidana, Anita Karlina, pihaknya diberikan untuk berfikir atas putusan yang baru saja dibacakan oleh majelis hakim. Keempat terpidana menurut penilaian hakim telah melakukan perbuatannya lebih dari satu kali. Bahkan tiga orang yang divonis seuumur hidup, telah 4 kali menyelundupkan sabu.  Sedangkan Ibnu Sahar telah melakukan sebanyak 5 kali.

“Mungkin perbedaan tersebut yang membuat vonis hakim juga berbeda. Terkait vonis ini, Kami diberikan waktu selama sepekan, dan kemungkinan besar akan Kita ajukan banding,” ujar kuasa hukum terpidana.

Seperti diketahui, keempatnya ditangkap oleh TNI AL yang berusaha menyelundupkan narkotika jenis sabu di Perairan Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, pada Senin (18/3/2019).

Bersama para tersangka, tim gabungan F1QR Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, di bawah Pangkalan Utama TNI AL (Lamtamal) I Belawan berhasil mengamankan barang bukti 50 kilogram sabu yang diselundupkan ke Aceh dari Thailand. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda