Sejumlah Parpol di DPRK Aceh Utara Bentuk Koalisi Aceh Utara Maju.

LayarBerita, Lhokseumawe –  Sejumlah Partai Poltik yang mendapat kursi di DPRK Aceh Utara membentuk satu koalisi bersama, yakni Koalisi Aceh Utara Maju (KAUM). Tujuan koalisi yang didalamnya tergabung 3 fraksi ini tidak lain untuk menjadi penyeimbang jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Aceh Utara.

Prosesi dekalrasi KAUM dihadiri oleh sejumlah perwakilan fraksi yang tergabung didalamnya. Bahkan para pihak telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama, Kamis (7/11/2019), di ruang kerja Wakil Ketua DPRK Aceh Utara. Bahkan koalisi gabungan Parpol dari Fraksi Demokrat, Fraksi PPP dan Fraksi Panas telah menyusun struktur kepengurusan.

Adapun struktur yang telah terbentuk, menjabat ketua koalisi KAUM adalah Hendra Yuliansyah (Demokrat) yang juga Wakil Ketua definitif DPRK Aceh Utara, Anzir (Nasdem) sebagai wakil ketua, Zulfadli A Thaleb (sekretaris), Hendra Sufriadi (Golkar), serta Misbahul Munir sebagai Juru Bicara Koalisi Aceh Utara Maju.

Menurut Hendra, koalisi tersebut terbentuk untuk menyatukan visi dan misi guna menjadikan Aceh Utara lebih baik. Koalisi tersebut bertekad untuk membangun saling percaya dan membangun sebuah koalisi, yakni untuk menegaskan komitmen bersama untuk suatu proses politik di DPRK Aceh Utara.

“Kita bertekad untuk menciptakan suatu proses politik yang demokratis dan adil, demi Aceh Utara yang maju di masa yang akan datang. Koalisi ini tentunya tetap sejalan dengan kepala daerah, sebatas itu program yang dijalankan demi kesejahteraan masyarakat.  Jika Kita rasa tidak sesuai, maka akan Kita berikan masukan,” terang Hendra dihadapan sejumlah anggota koalisi lainnya.

Ditanya apakah koalisi tersebut akan menjadi oposisi dari pemerintah? Anzir dari partai Nasdem langsung menjawab kalau pendeklarasian koalisi bukan untuk menjadi oposisi dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Tetapi menjadi penyeimbang  dalam mengimplementasikan dan mengawal kebijakan Bupati Aceh Utara yang sesuai dengan visi misinya.

“Koalisi Aceh Utara Maju akan memandu proses politik dari Parpol yang tergabung. Kalau ditanya terkait oposisi, sebenarnya lembaga dewan (legislatif)  memang oposisi dari eksekutif, yakni salah satu tufoksinya adalah pengawasan. Tapi kehadiran KAUM, bukan untuk membantah semua kebijakan dan program Bupati Aceh Utara. Malah akan Kita kawal kalau itu memang program yang berguna dan baik baik masyarakat,” terang Anzir yang didapuk sebagai wakil ketua koalisi.

Sambungnya, koalisi ini disepakati bukan untuk waktu sementara, tapi hingga masa jabatan pihaknya berakhir sebagai DPRK Aceh Utara. Anzir juga mengatakan kalau terbentuknya KAUM tidak ada kaitannya dengan bagi-bagi ‘tumpok (jatah, red)’ jabatan pada alat kelengkapan dewan.

Sementara itu Juru Bicara Koalisi Aceh Utara Maju, Misbahul Munir mengatakan, terbentuknya koalisi tersebut tentunya tidak lain untuk mempersatukan suara agar dapat lebih mempertegas program pro rakyat yang lebih terarah. Mengingat tidak semua partai politik yang berada di DPRK Aceh Utara meraih kursi satu fraksi.

“Anggota dewan berasal dari sejumlah kalangan dan parpol tentunya.  Masing-masing orang yang dikirim oleh konstituen ke lembaga ini, tentunya punya visi yang sama. Yakni untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Namun terkadang, jika dewan peraih kursi minim, kurang mendapat respon dari pemerintah.  Untuk itulah harus disuarakan secara bersama, sehingga akan lebih kuat,”terang Rahul panggilan akrab Ketua PNA Kabupaten Aceh Utara ini.

Intinya, sambung Rahul, kalau sendiri menyuarakan kebenaran, akan sulit terdengar.  Makanya dibentuk koalisi, agar apa yang akan disuarakan untuk rakyat lebih mudah terdengar, jelasnya.

Setelah deklarasi, koalisi tersebut dinyatakan akan mulai berjalan secara bersama untuk memperjuangkan hal yang baik bagi masyarakat di Aceh Utara. Adapun Parpol yang tergabung dalam KAUM, Partai Demokrat, PPP, Nasdem, PNA, PKB, Golkar dan PAN yang berjumlah 23 kursi dari 45 kursi yang ada di DPRK Aceh Utara.  [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda