Kabupaten Siak Raih Penghargaan Bidang Irigasi dari KemenPUPR

LayarBerita, Siak – Sebuah prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kabupaten Siak. Kali ini Kabupaten Siak ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (KemenPUPR RI) sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik Pelaksana Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Irigasi Tahun 2019.

Penetapan Kabupaten Siak, merupakan satu-satunya Pemda di Provinsi Riau  yang memperoleh penghargaan, yang  diserahkan oleh Sekjend Kementerian PUPR RI  Prof DR Ir. Anita Firmanti MT pada acara konsultasi Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2020 wilayah Barat, Senin (20/10/2019) di Hotel  Wyndham OPI, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Terkait dengan penghargaan tersebut Bupati Siak Alfedri, mengaku bersyukur sekaligus berterimakasih atas prestasi yang diraih. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari kerja keras jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta dukungan  dari masyarakat.

“Alhamdulillah, prestasi ini diraih berkat usaha maksimal yang dilakukan jajaran kita di lapangan,” ujar Alfedri.

Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak, Irving Kahar menambahkan, penghargaan ini merupakan prestasi ke-3 yang diperoleh Dinas PU Tarukim Siak. “Ya, ini prestasi yang ketiga untuk Siak, dan kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan Kabupaten Siak,” ujar Irving.

Sambungnya, untuk penghargaan yang pertama, tahun 2014 terbaik 2 Nasional bidang infrastruktur jalan,  kedua adalah Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2016 dari Kementerian PAN RB program Unit Reaksi Cepat (URC) yaitu suatu inovasi pèmeliharaan jalan.

Menurut Irving, penilaian Kementerian PUPR Terhadap Kabupaten Siak  dalam pengelolaan DAK bidang Irigasi ini, dikarenakan meningkatnya produksi padi secara signifikan setelah memperoleh kucuran dana dari program DAK.

Disamping  itu, sambungnya, komitmen Pemkab Siak untuk melakukan peningkatan produksi pangan melalui kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan yang terbangun, serta secara administrasi laporan e-monitoring dan koordinasi secara rutin terus dilakukan dalam rangka pengelolaan dana DAK merupakan penilaian yang cukup penting.

Selain Kabupaten Siak yang mendapatkan perhargaan pengelolaan DAK Bidang Irigasi, Provinsi Sumatera Selatan juga memperoleh penghargaan bidang Jalan, Kabupaten Aceh Tenggara bidang Sanitasi, Bidang Air Minum diperoleh Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan untuk bidang perumahan Kabupaten Pagar Alam Provinsi Lampung. [Abb/rel]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda