Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Siak dan Kuansing.
LayarBerita, Siak –  Tahun 2019 ini, Embarkasi Antara Provinsi Riau untuk pertama kalinya beroperasi dengan memberangkatkan 213 Jamaah Calon Haji (JCH) Riau asal Kabupaten Siak. Jamaah ini tergabung satu kelompok terbang (kloter) dengan JCH asal Kabupaten Kuansing dalam kloter 19, Rabu dini hari (23/7/2019).
Pelepasan JCH dilakukan dari Asrama Haji Pekanbaru pada pukul 12.30 WIB oleh Bupati Siak Alfedri, Gubernur Riau diwakili Kadis Tarukim, M. Amin, Kakan Kemenag Riau Mahyuddin, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE, dan Asisten Pemkesra Budhi Yuwono.
Bupati Siak Alfedri berkesempatan melepas secara resmi keberangkatan JCH Riau dari Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi sekaligus, dengan jumlah keseluruhan JCH per kloter 449 orang ditambah 5 orang petugas haji.
Berdasarkan laporan Kepala Kantor Kemenag Provinsi Riau Mahyudin, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggaraan ibadah haji Provinsi Riau mengatakan, bahwa ribuan jamaah yang berasal dari 12 kabupaten/kota se-Riau pada tahun sebelumnya, diberangkatkan langsung dari embarkasi Batam melalui daerah masing–masing.
“Dengan telah difungsikannya Embarkasi Haji Antara di Pekanbaru tahun ini, maka Kita akan memberangkatkan sebanyak 5.324 orang JCH se-Riau dari Pekanbaru dan transit di Batam, untuk berangkat langsung menuju Jeddah Arab Saudi. Untuk kepulangan JCH Riau yang tergabung dalam kloter 19 ini Insya Allah dijadwalkan akan kembali ketanah air pada tanggal 4 September 2019 malam”, jelasnya.
Bupati Siak dalam arahannya saat melepas para JCH dua kabupaten itu menyampaikan harapan agar selama perjalanan dan pelaksanaan rangkaian ibadah haji, para JCH dapat mempersiapkan diri dan bertawakal, serta meningkatkan khusyu’an dan kesabaran selama menjalankan rangkaian rukun haji.
“Kami doakan para jamaah senantiasa sehat walafiat, diberikan kemudahan dan kesabaran.  Sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu’ selama di tanah suci, dan untuk kami yang ditinggal ini, mohon titip doanya untuk kampung kita, Riau yang kita cintai ini. Selamat jalan, selamat berangkat dan kembali ke tanah air. Semoga semua jamaah mendapatkan predikat haji yang mabrur,” ujar Alfedri.
Dalam JCH asal Kabupaten Siak dan Kuansing yang tergabung dalam kloter 19 tersebut, JCH tertua berasal dari Kabupaten Siak atas nama Jafar Sidik Longkai (89 tahun), dan JCH termuda berasal Kabupaten Kuansing atas nama Uut Nuraini (32 tahun).
Diakhir acara pelepasan, dilakukan seremoni penyerahan bendera tanda keberangkatan haji dan penyerahan jamaah haji dari PPIH Riau kepada petugas kloter.  Setelah dilepas, rombongan JCH ini kemudian diangkut menggunakan bus menuju ke Bandara SSK II Pekanbaru, untuk selanjutnya diterbangkan ke Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 04.00 WIB, kemudian pukul 10.00 WIB siang akan diterbangkan menuju Jeddah Arab Saudi. [Abb/rel]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda