Pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ditandai penyerahan bendera merah putih dari Presiden kepada Ketua Kontingen
LayarBerita, Jakarta – Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat, 27 Juli hingga 2 Agustus 2019 mendatang. Keberangkatan kontingen Pramuka ini dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (19/7/2019) pagi, di Istana Negara, Jakarta.
Pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ditandai penyerahan bendera merah putih dari Presiden kepada Ketua Kontingen sebelum menyampaikan pengarahan.
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya mengatakan, kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore berjumlah 80 orang, terdiri dari 67 peserta yang berusia 14-17 tahun ditambah para pimpinan kontingen dan pembina pendamping.
“Di sana kontingen Gerakan Pramuka akan bergabung bersama 45 ribu peserta dari lebih 150 negara sedunia. Perkemahannya sendiri akan dilaksanakan di Summit Bechtel Reserve, Bumi Perkemahan milik Kepanduan Amerika Serikat yang berada dalam Taman Nasional Negara Bagian Virginia Barat,” terang Budi Waseso.
Tahun ini, jambore kepanduan dunia, menurut Ketua Kwarnas mengambil tema ‘Membuka Kunci Dunia atau Unlock a New World’. “Tema ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi para peserta untuk membuka kunci kemampuan masing-masing, sehingga kelak menjadi bekal bagi mereka di masa yang akan datang,” ujarnya.
Tampak hadir dalam pelepasan itu Kepala Staf Presiden Moeldoko, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Menpora Imam Nahrawi yang kesemuanya menggunakan seragam Pramuka. [setkab]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda