Ketua Komisi II DPR Aceh, Nurzahri
LayarBerita, Banda Aceh – Ketua Komisi II Nurzahri, menegaskan kalau kondisi listrik di Aceh kerap padam dan sudah berulang-ulang kali terjadi. Hal ini bukan hanya terjadi di bulan Ramadhan, akan tetapi sebelumnya juga sangat parah.
Menurutnya, PLN kok tidak merasa malu sering terjadinya pemadaman listrik bergilir di Aceh. Bahkan kondisi ini sangat merugikan masyarakat, lantas pihak PLN tak memberikan dispensasi pada konsumen tarif listrik untuk konsumen.
“Ini jelas masyarakat sangat dirugikan. Apalagi ketika pembayaran listrik tarifnya pun mahal,” jelasnya, Rabu (15/5/2019).
Jelas Nurzahri, penggunaan tenaga daya listrik di Provinsi Aceh melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus bertambah. Bahkan pasokan listrik ke Aceh meningkat 450 Mega Watt (MW), melalui Sumatera antar koneksi.
Namun pasokan arus listrik di Aceh belum mencukupi kapasitas, seiring beroperasi beberapa PLTU di Aceh, seperti Gardu Induk (GI) Kutacane kapasitas 30 MVA untuk menggantikan pembangkit Listrik tenaga diesel (PLTD). Ditambahkan lagi dengan beroperasikan GI di Subulussalam dan GI Takengon,  total kapasitas 60 MVA, namun pasokan listrik hingga kini belum normal juga.
“Provinsi Aceh tak ada lagi transsisi krisis listrik. Bahkan paska beroperasi beberapa PLTU kondisi listrik di Aceh belum stabil,” paparnya.
Lanjutnya, PLN Aceh harus mengupayakan semaksimal mungkin pada bulan Ramadhan tidak ada terkendala terkait pemadaman pada waktu-waktu tertentu. Sehingga tidak terganggu warga dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.
“Semoga nanti kondisi listrik berjalan lancar. Agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan lancar,” harapnya.
Dia menjelaskan, Pemerintah harus mencari solusi terkait krisis listrik di Aceh. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung kian lama, tetapi hingga kini belum ada upaya untuk mencari solusi untuk mengatasi krisis listrik di Aceh.
“Jika memang pemerintah tak sanggup mengatasi krisis listrik. Ya diserahkan saja ke pihak swasta,” tegasnya. [parlementaria]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda