Bupati Siak Resmikan ATM Beras ke 6 di Kandis
LayarBerita, Siak –  Bupati Kabupaten Siak, H Alfedri meresmikan penggunaan ATM Beras Baznas, di Masjid Nurul Hijrah  Kelurahan Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Selasa (14/5/2019) subuh. Kegiatan tersebut diselaraskan dengan pencanangan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di lingkungan jamaah dan remaja masjid.
Peluncuran ATM beras ini, menurut Alfedri merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan kaum muslimin di Kecamatan Kandis, selain itu penerima manfaat ATM beras juga diajak agar terbiasa shalat subuh berjamaah di mesjid, karena waktu penggunaan disesuaikan ba’da shalat subuh.
Atas beroperasinya ATM beras tersebut, Alfedri memberikan apresiasi secara khusus para pengurus Baznas. Dirinya berharap melalui inovasi yang telah dibuat tersebut, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayarkan kewajiban berzakat.
“Kami sangat senang bisa hadir shalat subuh berjamaah di Masjid Nurul Hijrah ini, karena selain bisa menjalin silaturahmi juga sekaligus berkesempatan meresmikan penggunaan ATM beras,” ujar Alfedri.
ATM beras juga merupakan bentuk tanggungjawab dari para amil untuk mengimplementasikan prinsip distribusi zakat sesuai daerah pengumpulannya. Kewajiban mengumpulkan zakat, kata pemimpin Siak itu berada pada pemimpin yang kemudian dilimpahkan kepada para Amil Zakat yang tergabung dalam Bazmas Siak.
Untuk itu ia berharap masyarakat Siak senantiasa sadar akan gerakan zakat untuk membantu kaum muslimin kurang mampu dan keberkahan negeri.
“Dimana kita mendapatkan harta disitu kita berzakat, semoga dengan berzakat kita bisa membantu masyarakat yang tidak mampu sesuai satu tugas kita sebagai umat muslim,” tutup Alfedri.
Sebelumnya, Bupati Siak juga menyerahkan secara simbolis kartu ATM beras kepada 5 orang masyarakat tidak mampu di Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis.
Ketua Baznas Kabupaten Siak, Abdul Rasyid mengatakan, Badan Amil Zakat menyampaikan dan membagikan zakat untuk kepentingan para mustahik, serta melayani para muzaki dalam menyalurkan kepada fakir miskin yang salah satunya lewat keberadaan ATM beras.
“Hari ini kita meresmikan ATM beras yang juga bagaimana melayani saudara kita yang kurang mampu. ATM beras ini merupakan yang keenam di Kecamatan Kandis,” terang Abdul Rasyid.
Mulai Rabu pekan depan, sambungnya juga akan dimulai  peresmian ATM Beras yang sama di Kecamatan Sungai Apit. ATM beras ini sebutnya hanya beroperasi usai pelaksanaan shalat subuh. Sehingga gerakan shalat subuh berjamaah dimesjid akan semakin ramai.
“Ada kesan baik terhadap ATM beras ini, selain untuk membantu masyarakat yang kurang mampu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat penerima manfaat zakat melalui shalat subuh berjamaah,” ucap Rasyid. [Abb]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda