MBC Aceh Utara Ziarahi Makam Cut Meutia
LayarBerita, Matangkuli – Matangkuli Bike Community (MBC) Aceh Utara melakukan perjalanan ke makam pahlawan nasional Cut Nyak Meutia yang berlokasi di pedalaman Pirak Timu Aceh Utara, Minggu (17/2/2019).  Sebanyak 15 orang anggota MBC ini melakukan napaktilas dengan tujuan sebagai rasa hormat dan ta’zim anak negeri kepada jasa penghulu tersebut.

 

“Ini merupakan bentuk penghormatan kami selaku anak negeri atas  perjuangan dan komitmen pendahulu ini dalam melawan dan mengusir penjajah. Walau akhirnya beliau gugur di medan perang.  Kegiatan juga  dirangkai dengan pembacaan surat Yasin serta ta’ziah,” ucap Darnafis ketua komunitas MBC Aceh Utara.
Perjalanan diawali dari Matangkuli dengan mengayuh sepeda. Setibanya di Alue Bungkoh, yang merupakan Ibu kota Kecamatan Pirak Timu, anggota MBC berganti dengan moda transportasi roda empat modifikasi. Perjalanan melewati tanjakan yang terjal dan turunan curam dilakukan selama tiga jam hingga ke titi gantung.
Setelah itu, dilanjutkan dengan berjalan kaki mengikuti jalan setapak serta menyusuri sungai dan alur selama hampir dua jam dan berakhir di pusara sang negarawan, jelas Darnafis.
Menurut ketua komunitas MBC Aceh Utara, hakikat dari napaktilas ini di samping untuk mengenang kepahlawanan Cut Nyak Meutia, juga menziarahi makam beliau. Tentu tidak luput juga menggali dan mensosialisasi potensi cagar budaya situs sejarah yang dimiliki masyarakat Aceh. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda