Ilustrasi astronot di bulan.
LayarBerita.com – Hingga saat ini Bulan diketahui dan diyakini tidak berpenghuni. Tetapi, saat Apollo 10 melakukan penelitian di Bulan, salah seorang astronot Eugene Cernan mengatakan dirinya sempat mendengar suara musik di Bulan.
“Kau dengar itu?” tanya Cernan kepada ruang kontrol NASA di Bumi, seperti dilansir uzone.id.
Dalam transkrip misi yang dirilis pada 2008 lalu, Cernan menggambarkan suara yang didengarnya sebagai suara siulan aneh, atau ia menyebutnya sebagai “musik tipe ruang angkasa”. Terkait ‘suara musik’ di Bulan itu, NASA hingga kini masih belum memberikan keterangan.
Menariknya lagi, Cernan tidak sendirian. Karena laporan Cernan ini juga didukung oleh koleganya, Michael Collins, astronot Apollo 11. Dalam bukunya yang berjudul Carrying The Fire yang terbit pada 1974, ia juga menulis bahwa dirinya mendengar musik saat mengorbit di Bulan saat itu.
Menyikapi dua keterangan berbeda, NASA akhirnya merilis pernyataan resmi. Menurut NASA, suara musik yang didengar para astronot di Bulan itu terjadi karena adanya interferensi antara radio LM dengan Modul Perintah VHS.
Sejauh ini, keberadaan luar angkasa beserta isinya masih banyak menyimpan sejumlah misteri yang belum mampu diungkap manusia. Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menjadi salah satu pihak yang aktif melakukan penelitian mengenai antariksa selama satu abad terakhir. Terkadang, para astronot NASA memiliki catatan temuan aneh di luar angkasa yang masuk kategori rahasia.
Karena dikategorikan rahasia, tentu temuan-temuan yang didapati NASA itu langsung disimpan rapat-rapat, alias tidak untuk konsumsi umum. Meski begitu, terkadang bisa bocor juga. Beberapa temuan NASA yang masuk kategori rahasia, ternyata ada yang telah bocor ke publik, atau lebih tepatnya dibocorkan oleh mantan para astronot NASA sendiri. [uzone.id]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda