Bupati Siak, Syamsuar menerima kunjungan investor asing yang melakukan presentasi kerjasama guna melakukan pembangunan kilang minyak.
LayarBerita, Siak – Bupati Siak, Syamsuar menerima kunjungan investor asing yang melakukan presentasi kerjasama guna melakukan pembangunan kilang minyak oleh BUMD PT. BSP Kabupaten Siak, di ruang rapat Indra Pahlawan, Rabu (6/2/2019).
Kedatangan rombongan investor Amerika Mr. Richrd McAdoo, selaku CEO dari Continental Energy  Corporation (CEC) dan Jones Hasibuan bersama Bismantoro Prabowo dari Jalur Group juga didampingi oleh M. Rozah dari  PT. Continental Hilir Indonesia (CHI) melakukan ekspos presentasi Investasi Kilang Minyak.
Investasi yang ditawari oleh Jalur Group kepada Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Siak yaitu PT. Bumi Siak Pusako adalah untuk bekerja sama dalam membangun sebuah kilang minyak dengan kapasitas 12 ribu barel/hari.
Tujuannya untuk mewujudkan nilai tambah bagi minyak bumi Riau dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta ketahanan energi demi tercapainya swasembada BBM/energy masa depan. Termasuk  ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Siak.
Selain itu, pembangunan kilang minyak juga berdampak baik bagi daerah. Yakni terbukanya lapangan kerja baru dan pendapatan anggaran Kabupaten Siak. Bahkan hingga secara subtansial mengurangi biaya operasional PT. BSP dalam pembiayaan jalur transportasi pipa kepada CPI selaku penyedia jasa.
Keuntungan besar buat PT. BSP ke depannya dalam kontrak ini tentu akan memiliki kilang tersebut sampai periode tahun yang telah ditentukan, dan juga bisa memasarkan BBM pada daerah regional bahkan nasional dan internasional, sebagai pemilik produk BBM dan masih banyak keuntungan lain dari kerja sama ini ke depannya.
Pemerintah Kabupaten Siak selaku pemegang saham PT. BSP tentunya memiliki cita-cita memiliki kilang minyak sendiri. Sudah lama terbesit dalam pikiran Bupati Siak Syamsuar, untuk melakukan pengembangan perusahaan daerah menjadi pelaku dan usaha mandiri dalam pengelolaan produksi Migas Riau.
“Provinsi Riau dikenal sebagai ladang produksi migas terbesar nasional. Tentu ini menjadi keinginan kami dalam membangun. Banyak keuntungan selaku pengelola hulu dan hilir Migas yang kita produksi sendiri. Bahkan nilai tambah untuk daerah kita semakin besar tentunya,”ucap Syamsuar.
Menyangkut hal ini, Bupati Siak Syamsuar menerima dengan baik rencana kerja sama tersebut. Serta mengarahkan kepada PT. BSP dan instansi terkait guna melakukan pendalaman terhadap investasi tersebut. Progran itu harus diselesaikan secara bertahap, sembari melakukan kajian lebih lanjut.
Bupati Siak mengucapkan terima kasih kepada Jalur Group sebagai penghubung investasi tersebut. Turut hadir dalam presentasi, Asisten I Hendrisan, Kadis Tranaker Amin Budiadi, Sekretaris Bappeda Raja, perwakilan PT. BSP, PT. KITB, PT. Samudra Siak bersama perwakilan investor lainnya. [Abb]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda