Di hari selanjutnya, Sada Coffee juga menggelar Kompetisi Cup Tasters Championship. 1st Sada Coffee Cup Tester Championship ini merupakan implementasi dari kegiatan talkshow dan public cupping hari sebelumnya.  Acara cup tester ini merupakan kompetisi cup tasters bertaraf internasional perdana yg diselenggarakan di Aceh.

 

Edukasi kopi yang digelar Sada Coffee di Banda Aceh.
Metode triangulation digunakan dalam kompetisi ini, yaitu peserta dituntut ketepatan dan kecepatan mencari 1 cup yang unik dari 3 gelas yang tersedia. Jumlah cup yang di uji 8 buah sample, setiap sample terdiri dari 3 cup. Total 24 cup yang mesti dicicip oleh peserta. Gelas yang unik bisa berbeda intensitas acidity, berbeda kekentalan (body), berbeda proses pasca panen bahkan berbeda varietas.
Peserta Kompetisi Cup Tasters Championship berkompetisi berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Aceh, beberapa dari peserta merupakan perwakilan coffeeshop di Banda Aceh.
Dalam kompetisi tersebut Juara satu diraih oleh Donny Heansyah Putra dari Banda Aceh. Sementara juara dua diraih M Iqbal dari Langsa serta juara tiga diperoleh Ridwan Riyanto dari Bener Meriah.
“Ke depannya Sada Coffee berkomitmen untuk kembali menyelenggarakan talkshow rutin, sebagai bentuk edukasi kopi serta kompetisi guna mencetak SDM kopi yang handal dan berdaya saing internasional. Ini sebagai bentuk tanggung jawab mewujudkan Aceh yang bermartabat dengan kopi terbaik dunia serta SDM kopi profesional,” sebut Mursada (Founder Sada Coffee). [Fazir]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda