Semburan gas disertai lumpur yang terjadi di Gampong Tanjong Meunye, Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. (foto medsos)

LayarBerita, Aceh Utara – Semburan lumpur yang diduga akibat adanya tekanan gas dari dalam tanah kembali terjadi di Kabupaten Aceh Utara, Rabu (23/1/2019) sekira pukul 08.00 Wib.  Semburan lumpur tersebut keluar dari sebuah sumur bor milik warga, Gampong (desa, red) Tanjong  Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara.

Informasinya, semburan gas yang disertai lumpur akibat adanya galian sebuah sumur bor yang dilakukan oleh seorang warga.  Tingginya semburan mencapai beberapa meter di atas permukaan tanah.  Kondisi ini sempat membuat warga sekitar panik.  Namun kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Semburan lumpur terjadi tidak lama dan menjelang siang semburan sudah tidak lagi terjadi.  Berita terjadi semburan lumpur langsung diketahui oleh Muspika Tanah Jambo Aye dan langsung menuju ke lokasi.  Sejauh ini warga sekitar sudah diimbau tidak mendekati lokasi semburan serta telah dipasang garis polisi dilokasi kejadian.

Sebelumnya, penggalian sumur bor dilokasi tanah milik milik Rustam Effendi, dilakukan beberapa hari lalu. Tetpai semburan lumpur baru muncul pagi tadi.

Menurut Kepala BLHK Kabupaten Aceh Utara, Fakhrurradhi, petugasnya telah turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan.  Sejauh ini semburan tidak lagi terjadi, dan lokasi sudah dipasangi garis polisi.  Pihak BLHK telah melakukan pemetaan lokasi dan menagbil sample untuk dikirim ke provinsi.

“Kita telah melakukan pemetaan lokasi dan melakukan koordinasi dengan camat serta unsur Muspika setempat. Terkait hal ini, kita minta camat untuk melaporkan hal ini kepada pimpinan daerah.  Agar dapat dilakukan koordinasi dengan pihak ESDM Provinsi Aceh,”ujar Fakrurradhi.

Sambungnya, mengingat saat ini terkait urusan pertambangan telah dialihkan ke tingkat provinsi.  Pihaknya hanya melakukan pemantauan dan pemetaan serta mengambil sample untuk dilaporkan ke tingkat provinsi.

“Kita imbau masyarakat agar tidak mendekati lokasi kejadian dengan radius sekitar 10 meter persegi.  Juga untuk tidak menyalakan api disekitar lokasi serta tidak panik,”terangnya. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda