Warga Rohingya merapat di Pelabuhan Kuala Idi, Selasa (4/12/2018) (foto/Ist)

LayarBerita, Aceh Timur –  Sebanyak 20 warga Rohingya dikabarkan merapat di Pelabuhan Kuala Idi, Kabupaten Aceh Timur, sekitar pukul 08.00 Wib, Selasa (4/12/2018).  Saat berada di Pelabuhan, tampak warga Myanmar yang kesemuanya pria tersebut dalam kondisi sehat.

Menurut Panglima Laot, Kabupaten Aceh Timur, Razali, para pencari suaka tersebut bukan terdampar.  Tetapi mereka seperti sengaja mendarat di Pelabuhan Kula Idi.  Hal ini diperkirakan kaena kondisi cuaca di laut yang sedang tidak menentu.  Padahal jika dilihat dari stok bahan bakar, sangat masih banyak dan mencukupi menuju daerah yang lebih jauh.

“Tadi pagi memang benar ada sekitar 20 orang warga Rohingya merapat di dermaga pelabuhan. Mereka menumpang sebuah kapal mesin kayu berukuran kecil,”terang Panglima Laot melalui telepon selular.

Jika dilihat dari kondisi mereka, sambung Razali, para warga Rohingya ini tujuannnya ke negara Malaysia.  Mungkin karena cuaca tidak mendukung, mereka terpaksa merapat ke Kuala Idi.

“Kondisi mereka semua terlihat masih sehat-sehat. Bahan bakar di kapal masih ada stok sekitar 250 liter. Ini menyiratkan kalau mereka ingin berpergian jauh,”ucapnya.

Sementara ini, para warga Rohingya berada di lokasi pelabuhan.  Warga dan pemerintah daerah telah memberikan bantuan makanan dan minuman.  Bahkan 20 imigran ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Serta sedang dikukan pendataan oleh pemerintah daerah dan melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here