Wakil Presiden RI,  Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2018 kepada Deputi Gubernur BI, Sugeng Anugerah, Senin (5/11/2018). (Ist)

LayarBerita, Jakarta – Bank Indonesia raih penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018 untuk kategori Badan Publik Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP), dengan predikat informatif.

Keberhasilan itu diumumkan pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2018 pada Senin (5/11/2018) di Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI,  Jusuf Kalla kepada Deputi Gubernur BI, Sugeng Anugerah.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap hasil monitoring dan evaluasi atas implementasi keterbukaan informasi badan publik tahun 2018.

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur BI menyampaikan, pencapaian ini menjadi wujud nyata komitmen Bank Indonesia dalam menjunjung keterbukaan informasi, serta memberikan layanan informasi yang berkualitas kepada publik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggara negara dan Badan Publik lainnya, dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sebut Deputi Geburnur BI, Sugeng Anugerah.

Ditambahkannya, sejalan dengan era keterbukaan informasi publik yang dimulai pasca disahkannya Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Bank Indonesia turut aktif dalam gerakan keterbukaan informasi. “Bank Indonesia memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengakses informasi melalui berbagai saluran komunikasi resmi Bank Indonesia,” ungkapnya.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan penyediaan informasi kepada masyarakat. Dalam hal terdapat pertanyaan masyarakat terkait pelaksanaan tugas BI dapat menghubungi Contact Center BI (BICARA)-131 dan Visitor Center BI, jelas Sugeng Anugerah. (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here