Seminar Khasanah Seni Budaya Kabupaten Bireuen. (Ist)

LayarBerita, Bireuen – Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen menyelenggarakan Seminar Khasanah Seni Budaya Bireuen, Senin (5/11/2018).

Seminar dengan tema “Peulara Adat, Reusam bek Meutuka” menghadirkan seniman yang kredibel dibidangnya sebagai narasumber, diantaranya Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Suburhan, SH., Fikar W. Eda dan M. Yusuf Bombang yang dikenal dengan Apa Kaoy.

Seminar tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bireuen, DR. H. Muzakkar A. Gani, M.Si.

Wakil Bupati Bireuen dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia dan DKA Bireuen. Dengan diselenggarakan kegiatan ini, semua dapat menggali dan mengungkap nilai-nilai budaya yang tidak bisa terlepas dari perilaku sehari-hari.

“Melalui seminar budaya ini kita dapat menggali kembali nilai-nilai karakter khasanah seni budaya asli Bireuen yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan sebagai ikon dan potensi Bireuen,” sebutnya.

“Hidup adalah seni, hidup adalah budaya. Seni dan budaya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karenanya seni dan budaya di Aceh harus terus dikembangkan yang berlandaskan kepada syari’at, karena syari’at dan budaya bagaikan zat dengan sifat,” tambah Wabup.

Wabup menambahkan, sejak kepengurusan DKA Bireuen yang baru dibawah komando bapak H.Mukhlis, A.Md, geliat DKA Bireuen sangat pesat. Hal itu terbukti dimana Kabupaten Bireuen masuk dalam empat besar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

“Mari kita beri aplaus untuk DKA Bireuen,” ajak Wabu Muzakkar.

Sementara Plt. Kadisdikpora Bireuen, Drs.M.Nasir, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta seminar sebanyak 250 orang, baik yang mendaftar mandiri maupun yang difasilitasi oleh DKA.

Dijelaskan Plt. Kadisdikpora bahwa acara seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Parade Seni Budaya Bireuen yang tanggal 3-5 November 2018 dalam rangka HUT Kabupaten Bireuen ke 19. (akiel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here