Presiden Jokowi membuka MTQ Nasional ke 27.

LayarBerita, Medan – Presiden Joko Widodo membuka resmi MTQ yang kembali hadir di bumi Sumatera Utara setelah menanti 47 tahun. Sumut menjadi tuan rumah MTQ ke-4 Tahun 1971 lalu.

Ribuan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya tumpah ruah memenuhi kawasan Sport Center Pancing Medan yang menjadi Astaka MTQ sekaligus episentrum gelaran MTQ yang dibuka meriah dan gemerlap.

Selain tarian kolosal yang dibawakan oleh siswa-siwi madrasah dan sejumlah atraksi hiburan lainnya, tampil kelompok musik religi Bimbo yang menyanyikan lagu-lagu hitsnya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 ini telah dilakukan beberapa hal dan inovasi baru.

Menurutnya ada tiga hal baru pelaksanaan MTQ tahun ini. Pertama, memanfaatkan teknologi informasi dalam pendaftaran otomatis dengan finger print, penggunakan aplikasi e-Maqra sampai dengan proses penjurian melalui aplikasi musabaqah sebagai bentuk adaptasi terhadap era digital.

“Hal ini menunjukkan bahwa syiar keagamaan tidaklah jumud (stagnasi), akan tetapi selalu dinamis dan adaptif sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Menag saat Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 Tahun 2018 di Medan, Sumatera Utara, Minggu (7/10/2018) malam.

Kedua, lanjut Menag, penyelenggaraan MTQ kali ini juga telah dibuat Kode Etik Juri sebagai upaya menjaga kredibilitas event sekaligus kesucian momen yang berlabel Al-Quran, setelah sebelumnya telah dilakukan proses seleksi Dewan Hakim Nasional untuk memantapkan kualitas pelaksanaan musabaqah secara professional dan transparan.

Ketiga, dalam pelaksanaan event MTQ kali ini juga, Menag menjelaskan, disiapkan berbagai layanan publik sebagai bentuk hadirnya pemerintah (Kementerian Agama) di tengah-tengah masyarakat, seperti Konsultasi Syariah, Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sakinah, Zakat dan Wakaf, Produk Halal, dan Layanan Metode 60 menit membaca Al-Quran.

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi layanan publik bervisi masa depan yang akan direplikasi oleh seluruh satuan unit kerja Kementerian Agama di seluruh Indonesia,” tuturnya. [kemenag]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here