Ilustrasi

LayarBerita, Aceh Utara – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Utara, mengabulkan permohonan, Tgk Nurdin, salah seorang calon legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang namanya tidak masuk dalam Daftar Calon Tetap.  Bahkan memerintahkan KIP Aceh Utara untuk mengeluarkan keputusan terkait DCT yang memuat nama Tgk Nurdin.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Aceh Utara, Dr Zainuddin Iba, menyampaikan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu kepada Panwaslih Kabupaten Aceh Utara.  Hal ini setelah proses mediasi yang dilakukan antara pihak PPP yang merasa dirugikan dengan KIP Aceh Utara tidak membuahkan hasil.

Setelah itu PPP memberikan kuasa kepada Razali Amin, SH, LL.M, MKn untuk mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu terkait Keputusan KIP Aceh Utara, nomor : 157/HK.04.1-Kpt/1108/KIP-KAB/IX/2018, tanggal 20 September 2018 tentang penetapan Daftar Calon Tetap Anggota DPRK Aceh Utara Pemilu 2019.

“Klien kami namanya terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS).  Namun pada saat pengumuman DCT, nama Tgk Nurdin ternyata tidak terdaftar.  Alasannya karena beliau merupakan keujruen blang dan belum mengundurkan diri. Padahal sebelumnya Tgk Nurdin telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Keujruen Blang,”terang Razali.

Karena proses mediasi tidak membuahkan hasil, maka pihaknya mengajukan permohonan kepada Panwaslih.  Hal ini sesuai aturan yang diatur, yakni proses sengketa pemilu harus diselesaikan melalui Sidang Adjudikasi. Mengingat Keujruen Blang sebagai lembaga adat bukan lembaga negara sesuai pasal 240 ayat (1) huruf k UU no. 7 tahun 2017 tentang pemilu.

“Alhamdulillah, setelah kita ajukan, Panwaslih mengabulkan semua permohonan kami. Malah mengejutkan, yakni pertimbangan Majelis Adjudikasi Panwaslih Aceh Utara, Keujruen Blang tidak perlu mundur dari saat pencalonan. Sebab tidak menggunakan uang negara untuk gajinya,” terang Razali.

Selain itu, Panwaslih juga memerintakan KIP Aceh Utara untuk menjalankan  putusan Panwaslih Aceh Utara dalam tempo 3 hari kerja.  Intinya KIP Aceh Utara harus membatalkan Keputusan KIP Aceh Utara, nomor : 157/HK.04.1-Kpt/1108/KIP-KAB/IX/2018, tanggal 20 September 2018 tentang penetapan Daftar Calon Tetap Anggota DPRK Aceh Utara Pemilu 2019.

“Jadi Panwaslih menyatakan kalau Tgk Nurdin memenuhi syarat untuk ditetapkan dalam DCT anggota DPRK Aceh Utara Pemilu 2019. Serta memerintahkan KIP Aceh Utara mengeluarkan keputusan DCT yang memuat nama Tgk Nurdin,”tegas Razali Amin. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here